Sementara itu, motor trail memang salah satu jenis motor yang umumnya tidak dilengkapi dengan standar tengah oleh pabrikan. Contohnya adalah Honda CRF150L, Kawasaki KLX, dan Yamaha WR 155R yang tidak memiliki standar tengah.
Alasan utama mengapa motor trail tidak dilengkapi dengan standar tengah bukanlah karena khawatir terhadap kemungkinan mentok saat menikung seperti motor sport fairing, melainkan karena kekhawatiran bahwa standar tengah tersebut dapat mengganggu saat motor digunakan untuk aktivitas trabasan atau off-road.
Ketika melintasi medan yang berat atau berbatu, memiliki standar tengah yang menonjol bisa menyebabkan motor terjebak atau tersangkut. Hal ini dapat menyulitkan pengendara dan bahkan mengancam keselamatan.
Oleh karena itu, untuk memaksimalkan kemampuan motor dalam melewati medan yang sulit, pabrikan sering kali memilih untuk tidak melengkapi motor trail dengan standar tengah.
Meskipun tidak dilengkapi dengan standar tengah, motor sport, dan trail masih bisa diservis, dicuci, dan mengganti ban dalam keadaan motor tegak.
Untuk melakukan hal tersebut, pengendara dapat menggunakan standar khusus yang disebut paddock stand.
Paddock stand adalah sebuah standar khusus yang dirancang untuk mengangkat roda depan atau roda belakang motor sport.
Standar ini memungkinkan pengendara untuk menjaga motor dalam posisi tegak saat melakukan perawatan atau pergantian komponen.
Editor : M Mahfud
Artikel Terkait