Inilah 3 Pantangan Minuman yang Tidak Boleh Diminum oleh Penderita Rematik

Afaani Fajrianti
Kafein menjadi salah satu pantangan untuk di konsumsi pada penderita rematik. Foto: Ilustrasi

CILEGON, iNewsCilegon.id - Rematik adalah penyakit peradangan kronis yang menyebabkan rasa nyeri, kaku, dan bengkak pada persendian.

Penyakit ini tidak dapat disembuhkan secara total, sehingga penderita harus mengontrol gejala dan perkembangan penyakit agar tidak semakin parah.

Salah satu cara untuk mengatasi rematik adalah dengan menghindari berbagai pantangan, terutama pantangan minuman yang dapat memperparah penyakit. Berikut pantangan minuman yang tidak boleh diminum oleh penderita rematik, yuk simak! 

1. Alkohol 

bukan rahasia lagi, konsumsi alkohol dapat membawa dampak buruk bagi kesehatan tubuh. Mengonsumsi alkohol berlebihan berpotensi merusak hati, menimbulkan peradangan, hingga meningkatkan risiko munculnya efek samping dari obat yang sedang dikonsumsi. Alkohol adalah minuman pantangan rematik sehingga mengkonsumsi akohol sangat tidak dianjurkan bagi penderita rematik.

2. Kafein

Orang yang terlalu banyak mengkonsumsi kafein akan mengalami berbagai macam masalah kesehatannya. Minuman yang mengandung kafein paling tinggi adalah kopi murni dengan warna yang hitam pekat. Faktanya kandungan kafein juga ada pada teh, namun kadarnya tidak setinggi pada kopi hitam atau kopi murni. 

Bahkan, orang yang mengalami rematik pun tidak boleh mengkonsumsi kopi berlebihan. Hal ini karena kopi bisa menghilangkan berbagai macam nutrisi penting yang dibutuhkan oleh penderita rematik. Sehingga orang yang mengalami rematik akan kekurangan nutrisi, kurangnya nutrisi itu bisa menjadi penyebab gejala rematik menjadi muncul dan kambuh.

Editor : M Mahfud

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network