Permudah Pedagang Mikro Dapatkan NIB Gratis, Pemkot Colegon Datangi Kompleks Metro

Mada Mahfud
Kepala DPMPTSP Kota Cilegon Hayati Nufus saat mendatangi pedagang di Kompleks Metro Jombang Cilegon. Foto: Diskominfo

JOMBANG CILEGON, iNews Cilegon.id – Pemkot Cilegon melalui Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kota Cilegon mendatangi Kompleks Metro untuk mempermudah pedagang mikro mendapatkan Nomor Induk Berusaha (NIB) gratis.

Langkah ini merupakan kelanjutan dari program DPMPTSP mendatangi pusat-pusat perdagangan dan kuliner di Kota Cilegon.

Kepala DPMPTSP Kota Cilegon Hayati Nufus mengatakan bahwa ada sekitar 60 pedagang kuliner di Kompleks Metro Cilegon. Pihaknya pun berkoordinasi dengan paguyuban pedagang setempat untuk selanjutnya memproses pembuatan NIB. 

"NIB ini sekarang wajib dimiliki oleh para pelaku usaha. Kalau dulu namanya SKU (surat keterangan usaha), TDP (tanda daftar perusahaan), SIUP (surat izin usaha perdagangan) dan SITU (surat izin tempat usaha), sekarang jadi satu, yakni NIB. Jadi kalau dianalogikan orang itu punya KTP, dagang itu harus punya NIB," kata Nufus.

Syarat membuat NIB cukup mudah, yakni hanya memperlihatkan KTP dan nomor telepon yang bisa dihubungi. Setelah itu petugas melakukan pendataan dan menginputnya dalam sisem dan kemudian NIB langsung jadi. 

"NIB ini ada manfaatnya, terutama bila ingin mengakses permodalan maupun bantuan dari pemerintah. Kami akan mencoba datangi pasar dan pusat-pusat kuliner se-Kota Cilegon. Selain itu kami juga membuka layanan di MPP (Mal Pelayanan Publik)," katanya.

Anggota Pokja Perizinan Terpadu Satu Pintu (PTSP) DPMPTSP Kota Cilegon, Faizudin menambahkan, jemput bola pelayanan NIB dilakukan untuk memudahkan pelaku usaha. Sebelumnya, kata dia, DPMPTSP hanya mendatangi kantor kecamatan, namun ternyata kurang efektif untuk menjaring para pedagang mengurus NIB.

"Makanya sekarang kita yang datang. Insya Allah pada 25-26 Juli nanti kita turun ke Pasar Bunder, Kecamatan Purwakarta. Setelah itu kita ke Pasar Blok F dan bulan depan kita jadwalkan ke pasar malam di Perumnas Cibeber. Mudah-mudahan mendapat respons positif dari pada pedagang," harapnya.

Editor : M Mahfud

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network