get app
inews
Aa Read Next : Mudik Gratis Pemkot Cilegon Siap Angkut 2.160 Pemudik

Wapres Minta MUI Legalisasi Ganja untuk Medis, Warganet Soroti Aturan Main

Rabu, 29 Juni 2022 | 20:15 WIB
header img
Permintaan Fatwa MUI legalitaskan ganja untuk medis oleh Wapres RI disoroti warganet. Foto: Istimewa.

JAKARTA, iNewsCilegon.id-Wakil Presiden Ma’ruf Amin meminta Majelis Ulama Indonesia (MUI) agar segera membuat fatwa mengenai pemanfaatan ganja untuk kesehatan.

Hal itu disampaikannya saat menghadiri Rapat Pimpinan MUI, di Kantor MUI, Jakarta, Selasa (28/06/2022).

Ma’ruf Amin menerangkan bahwa fatwa MUI selama ini melarang penggunaan ganja. Namun menurutnya, MUI perlu membuat pengecualian bagi kesehatan melalui fatwa baru yang mengatur kriteria kebolehan penggunaan ganja untuk kesehatan.

“Saya minta MUI nanti segera membuat fatwanya untuk dipedomani, jangan sampai berlebihan dan menimbulkan kemudharatan,” ungkapnya mengutip laman Wapresri.

Terkait ganja, sebelumnya, ramai diperbincangkan sebuah foto yang memperlihatkan seorang ibu membawa papan bertuliskan, 'tolong anakku butuh ganja medis' di CFD Jakarta, pada Minggu (26/6/2022) lalu. 

Ibu bernama Santi bersama anaknya, Pika, seorang penderita cerebral palsy, yakni penyakit yang menyebabkan gangguan pada otak serta saraf memajang spanduk bertuliskan 'Tolong Anak ku Butuh Ganja' ramai dimedia sosial.

Santi juga membawa sebuah surat yang ditujukan kepada hakim Mahkamah Konstitusi agar segera memutuskan gugatan uji materi terhadap UU No 35 tahun 2009 tentang Narkotika yang ia mohonkan sejak dua tahun lalu.

Uji materi UU No 35 tahun 2009 tentang Narkotika itu dilayangkan Santi ke MK bersama dua orang ibu lain pada November 2020. Ketiganya mempersoalkan penjelasan Pasal 6 Ayat (1) huruf a dan Pasal 8 Ayat (1) UU Narkotika yang melarang penggunaan ganja untuk pelayanan kesehatan.

Pasal ini dianggap merugikan hak konstitusional pemohon karena menghalangi mereka untuk mendapatkan pengobatan bagi sang buah hati. Ketiganya ingin MK melegalkan penggunaan narkotika golongan I untuk pengobatan.

Dikutip dari instagram @doktermuda, bahwa terapi minyak biji ganja/CBD oil merupakan treatment yang paling efektifnya untuk para penderita cerebral palsy, dan telah diadopsi di sejumlah negara, terdekat dan terbaru adalah Thailand.

Menyikapi permintaan Wapres RI, sejumlah warganet turut berkomentar.

"Semoga nanti diperketat juga pengawasannya agat tdk d salah gunakan," tulis 4antonio9.

"Prosentase nya brp banding brp sih Ganja ini kegunaan nya...buat Pengobatan maupun Narkotika yg mematikan itu...," komentar @ellyef_27.

Editor : Mahfud

Follow Berita iNews Cilegon di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut