get app
inews
Aa Read Next : Tekan Angka Pengangguran, Wali Kota Cilegon Buka Pelatihan Berbasis Kompetensi

Pemkot Cilegon Peringati Peristiwa Geger Cilegon

Senin, 11 Juli 2022 | 17:09 WIB
header img
Wali Kota Cilegon Helldy Agustian memimpin upacara peringatan Peristiwa Geger Cilegon ke-134 di halaman Kantor Wali kota Cilegon, Senin (11/7/2022) (Foto: Diskominfo Kota Cilegon)

CILEGON, iNewsCilegon.id - Pemerintah Kota Cilegon menggelar apel memperingati peristiwa Geger Cilegon ke-134 (1888-2022) di halaman Kantor Wali Kota Cilegon, Senin (11/7/2022). Dalam amanatnya, Wali Kota Cilegon Helldy Agustian mengajak masyarakat untuk mengenang peristiwa Geger Cilegon yang menggemparkan pada masanya.

"Saya mengajak untuk kita dapat mengingat jasa para pahlawan yang terlibat dalam Geger Cilegon, saya harap juga kepada ASN untuk dapat menanamkan nilai nilai semangat para pahlawan Geger Cilegon bukan untuk sekadar menghidupkan kenangan. Namun, untuk menghidupkan sejarah, karena seyogyanya kita bisa hadir di sini berkat perjuangan para pendahulu kita," ujarnya.

Helldy menyampaikan, seharusnya warga Cilegon menjadi bangga akan para pahlawan Geger Cilegon yang menjadi salah satu peristiwa di mana Belanda yang ditumpas habis 100 persen.

"Tidak ada peristiwa di mana Belanda gugur 100 persen selain di Geger Cilegon, yang menyebabkan Belanda ketakutan dan mengasingkan 99 ulama asal Cilegon ke daerah lain, seperti Manado, Ambon, dan lainnya, maka dari itu tidak ada geger geger lainnya selain Geger Cilegon," tutur Helldy.

Pada kesempatan itu, Helldy mengapresiasi kerja keras seniman, sejarawan, dan aktivis dalam memperingati Geger Cilegon.

"Saya mengapresiasi seniman, sejarawan, dan aktivis dalam memperingati peristiwa Geger Cilegon ini dengan membuat sebuah film, yang Insya Allah nanti film ini akan ditayangkan di bioskop-bioskop terutama bioskop di Cilegon, yang dalam film tersebut terdapat Informasi tentang sejarah Geger Cilegon sehingga dapat memotivasi generasi muda agar mengenal dan mencontoh perjuangan para pahlawan Geger Cilegon," ujarnya.

Helldy juga mengajak kepada seluruh peserta apel peringatan peristiwa Geger Cilegon untuk menghadiri juga rangkaian acara Peringatan Peristiwa Geger Cilegon.

"Saya mengimbau kepada seluruh peserta apel peringatan peristiwa Geger Cilegon untuk menghadiri rangkaian acara Peristiwa Geger Cilegon di Rumah Dinas Wali Kota yang nantinya akan dihaulkan pahlawan Geger Cilegon. Nanti akan disebutkan 99 nama Ulama yang diasingkan akibat peristiwa itu, juga ada tambahan para pahlawan lainnya yang nantinya akan ada sekitar 125 nama yang akan disebutkan," tuturnya.

Pemerintah Cilegon juga memberikan penghargaan kepada para pahlawan Geger Cilegon yang diwakili oleh keturunannya, antara lain; KH Wasyid, KH Tubagus Ismail, H Ishak, H Jaya, H Nasiman, H Afif, H Haris Syekh Bantam, H Arsyad Thawil, H Makid, dan H Abdulkarim.

(CM)

Editor : Rizqa Leony Putri

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut