get app
inews
Aa Read Next : Banyak Tersedia di Dapur, 7 Obat Tradisional untuk Atasi Asam Lambung

Ini Manfaat Petai dan Jengkol! Ampuh Cegah Anemia, Diabetes dan Lancarkan BAB

Jum'at, 15 Juli 2022 | 08:09 WIB
header img
Selain rasanya yang nikmat, Petai dan Jengkol ternyata ampuh cegah Anemia, Diabetes hingga lancarkan BAB. Foto: Istimewa.

CILEGON, iNewsCilegon.id – Jika diolah dengan baik, Petai dan Jengkol memiliki cita rasa tak ada duanya. Selain itu ternyata Petai dan Jengkol memiliki manfaat besar dari sisi kesehatan yaitu ampuh cegah anemia, diabetes, hingga lancarkan buang air besar (BAB).

Jengkol

Jengkol atau yang memiliki nama latin Archidendron Pauciflorum ini merupakan salah satu jenis tumbuhan yang terdapat di wilayah Asia Tenggara.

Jengkol masih dikategorikan ke dalam golongan polong-polongan yang berbentuk gepeng membentuk spiral, warna buahnya cokelat mengkilap dengan lapisan kulit ari tipis.

Seperti yang telah disebutkan tadi, jengkol memiliki bau yang tidak enak dan dapat menimbulkan bau tak sedap pada urin setelah mengonsumsinya, terlebih jika memakannya dalam keadaan mentah.

Meski demikian, sangat banyak penggemar jengkol yang mencoba mengolahnya dengan suatu masakan sehingga menjadi makanan yang lezat.

Manfaat Jengkol

Meski tergolong sebagai makanan yang memiliki bau tak sedap, ternyata cukup banyak manfaat yang dimiliki jengkol seperti:

1. Melancarkan buang air besar atau untuk mencuci perut.

2. Mencegah diabetes serta kencing manis.

3. Mencegah risiko terkena serangan jantung koroner.

4. Dapat membuang racun-racun berbahaya yang terdapat di dalam tubuh.
Di samping banyak manfaatnya, tetap ada efek samping yang dapat terjadi bila memakan jengkol secara berlebihan berlebihan.

Meski dapat melancarkan buang air besar ternyata jengkol sebaliknya dapat menyebabkan kesulitan buang air kecil yang disertai rasa nyeri.

Guna mengantisipasinya, sebaiknya mengimbangi dengan konsumsi air putih yang banyak.

Editor : Mahfud

Follow Berita iNews Cilegon di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut