Logo Network
Network

Cespleng Atasi Diabetes hingga Kanker, Ini 5 Manfaat Daun Sirsak

Ila Nurlaila Sari
.
Senin, 11 Juli 2022 | 19:25 WIB
Cespleng Atasi Diabetes hingga Kanker, Ini 5 Manfaat Daun Sirsak
Daun Sirsak ternyata miliki segudang manfaat menyembuhkan penyakit berat termasuk diabetes dan kanker. Foto: Istimewa.

CILEGON, iNewsCilegon.id - Banyak klaim mengatakan bahwa manfaat daun sirsak teramat banyak. Khasiat yang ditawarkan daun ini bahkan dianggap lebih efektif dibanding kemoterapi.

Pada kebanyakan kasus, daun sirsak dimanfaatkan untuk mengobati peradangan, rematik, hipertensi, infeksi parasit, dan kondisi serupa lainnya.

Tapi, apakah daun sirsak bisa juga untuk mengatasi diabetes?

Dikutip dari laman Stylecraze, daun sirsak dipercaya mengandung saponin, alkaloid, kumarin, terpenoid, tanin, dan beberapa fitokimia aktif lainnya yang diklaim bermanfaat untuk tubuh, khususnya sistem vital. Karena kandungan aktif tersebut, daun sirsak dikenal memiliki sifat antipiretik, antimikroba, antidiabetes, kardioprotektif, dan antiparasit.

Lantas, apa saja manfaat daun sirsak? Yuk simak,

1. Jadi penunjang pengobatan kanker

Anda memang tidak bisa mengandalkan daun sirsak sebagai satu-satunya pengobatan kanker. Tapi, jika dijadikan terapi penunjang, daun sirsak bisa memberi dampak yang lebih baik pada tubuh.

"Studi menunjukkan adanya efek antiproliferatif dan sitotoksik dari ekstrak daun sirsak terhadap kanker payudara, usus besar, prostat, paru-paru, darah, hati, leher rahim, ovarium, mulut, dan kulit," terang laman itu, dikutip iNewsCilegon.id , Senin (11/7/2022).

Ternyata daun sirsak bekerja di tubuh dengan menghambat protein sel kanker. Ini terjadi karena kandungan aktif yang disebut annonaceous acetogenins (AGEs) yang ada di daun sirsak.

Diperlukan penelitian lebih lanjut untuk memastikan keamanan dan efektivitas daun sirsak pada penderita kanker.

Follow Berita iNews Cilegon di Google News

Halaman : 1 2
Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.