get app
inews
Aa Read Next : Mudik Gratis Pemkot Cilegon Siap Angkut 2.160 Pemudik

Cespleng Atasi Diabetes hingga Kanker, Ini 5 Manfaat Daun Sirsak

Senin, 11 Juli 2022 | 19:25 WIB
header img
Daun Sirsak ternyata miliki segudang manfaat menyembuhkan penyakit berat termasuk diabetes dan kanker. Foto: Istimewa.

2. Dapat mengontrol peradangan

Manfaat daun sirsak lainnya adalah adanya kandungan senyawa anti-inflamasi di daun sirsak. Tapi, penelitian lebih lanjut diperlukan untuk memahami efek antiinflamasi tersebut.

Meski begitu, ekstrak daun sirsak yang kaya akan antiinflamasi dan antioksidan itu dapat menjadi penyembuh luka pada studi yang dikerjakan di tikus.

3. Jadi penunjang pengobatan insomnia

Secara tradisional, daun sirsak telah dimanfaatkan untuk mengatasi insomnia. Daun ini memiliki senyawa yang mampu merilekskan otot dan bertindak sebagai obat penenang.

4. Dapat mengatur gejala diabetes

Studi yang dikerjakan pada tikus menunjukkan bahwa ekstrak daun sirsak yang diberikan ke tikus sebanyak 100 mg/kg berat tubuh tikus, setiap hari, dapat mengontrol gula darah.

Pemberian ekstrak daun sirsak selama 28 hari pada tikus terbukti menurunkan kadar glukosa darah dan kadar kreatinin serum.

5. Pelindung kesehatan mulut

Manfaat daun sirsak lainnya bersifat bakterisida dan fungisida. Daun sirsak mampu menghambat pertumbuhan Streptococcus mutans, Streptococcus mitis, Porphyromonas gingivalis, dan Candida albicans.

"Studi menunjukkan bahwa ekstrak daun sirsak mampu melawan mikroba mulut sampai batas tertentu. Ini memastikan mulut terhindar dari mikroba jahat," terang laman tersebut.

Wah! ternyata luar biasa ya manfaat daun sirsak.

Editor : Mahfud

Follow Berita iNews Cilegon di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut