get app
inews
Aa
Read Next : Marc-Antoine Rossi Bergabung dengan Tim Red Bull GasGas Factory Racing di MX2

Motor sering Mogok? Cek Komponen ini

Kamis, 21 Juli 2022 | 20:39 WIB
header img
Motor mogok bikin kesel, coba cek beberapa komponennya.

CILEGON, iNewsCilegon.id - Motor mogok bisa jadi karena aki lembah. Nah agar tak merepotkan, tentu  perlu diketahui agar pengemudi motor tidak kerepotan di tengah jalan karena mogok.

Pasalnya aki motor yang melemah bisa terjadi kapan saja selama tidak diperhatikan oleh pemilik motor. 

Apalagi saat ini hampir kebanyakan motor yang beredar di jalan adalah motor injeksi. Aki yang lemah justru akan membuat performa motor injeksi tidak akan maksimal.

Bahkan beberapa sistem operasional motor injeksi akan tidak normal. Kebanyakan dari motor injeksi juga tidak dilengkapi dengan kick starter

Jadi pemilik motor injeksi tentu sangat kerepotan apabila mogok di tengah jalan karena aki lemah.

Pasalnya mereka tidak bisa menyalakan mesin motor lagi dengan bantuan kick starter.

Diketahui, saat ini aki motor dijual dalam dua pilihan yakni Maintenance Free (MF) dan aki basah. Aki basah memang mewajibkan penggunanya untuk memeriksa kondisi aki dalam periode tertentu.

Sebaliknya aki MF, sesuai namanya, tidak perlu mendapatkan perawatan khusus. Tapi jangan salah sangka dulu, perawatan yang kurang baik dan masa pakai yang sudah terlampau lama juga bisa bikin aki MF lemah. 

Nah, dari situ perlu dipahami bagaimana cek aki motor yang lemah. Berikut tanda-tanda yang bisa Kamu cermati: 

1. Usia Pakai Aki Motor

Aki motor memiliki usia pakai yang telah ditentukan sebelumnya. Saat ini biasanya jika membeli aki dari toko-toko resmi akan mendapatkan informasi kapan waktunya aki motor harus diganti.

Ada juga toko yang mengirimkan pesan pendek ke pemilik motor untuk pergantian aki jika memang waktu penggunaan telah lewati batas waktu. 

Biasanya usia pakai aki motor mencapai empat tahun. Saat ini banyak pemilik motor yang mempertahankan motor mereka lebih dari empat tahun.

Jadi jika memang sudah lewat waktu empat tahun sebaiknya segera diganti.

2. Lampu Indikator Aki Berkedip

Motor-motor baru terutama yang sudah menggunakan injeksi dilengkapi dengan berbagai indikator untuk mengetahui kondisi motor.

Termasuk indikator aki yang memang selalu ada di berbagai jenis motor. Jika lampu indikator aki berkedip tiba-tiba itu artinya pemilik motor sudah harus menggantinya dengan yang baru. 

Kondisi itu terjadi karena aki sudah tidak maksimal lagi menyediakan arus listrik ke motor. 

3. Suara Klakson Melemah

Salah satu tanda yang mudah di kenali yaitu pada suara klakson dan lampu kendaraan, aki yang sudah cukup masa pakai atau mulai soak akan menyebabkan suara klakson menjadi kurang nyaring seperti biasanya. 

Bahkan jika aki yang di gunakan sudah sangat parah semua lampu dan klakson motor tidak akan berfungsi.

4. Sepeda Motor Tidak Bisa Dihidupkan

Pada motor yang sudah menggunakan system injeksi, jika kondisi ACCU atau aki sudah lemah maka motor tidak akan bisa di hidupkan alias mati total.

Dengan kondisi seperti ini mau tidak mau harus segera mengganti battery atau aki agar segera dapat digunakan kembali.***

Editor : Mahfud

Follow Berita iNews Cilegon di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut