get app
inews
Aa Read Next : Kenakan Baju Baduy di Australia, Pria Ini Promosikan Wisata Banten ke Dunia

Menteri Sandiaga: AKI sebagai Sarana Belajar dan Bangun Jejaring bagi UMKM Kreatif

Kamis, 28 Juli 2022 | 15:06 WIB
header img
Kemenparekraf berterima kasih kepada para mitra strategis yang terlibat dalam AKI 2022. (Foto: Istimewa)

Sebagai pengusaha, Sandiaga tak memungkiri pernah diremehkan dan mengalami kesulitan, serta jatuh bangun saat membangun usaha. 

“Sakitnya tuh di sini..di kantong, namun jangan patah semangat. Hidup itu seperti roda berputar, kadang di atas, kadang di bawah. Saat berada di atas harus bersyukur. Saat di bawah harus bersabar. Saya bukan Sandiaga Uno seperti sekarang jika tidak didukung mentor. Saya pernah alami krisis, sebagai profesional kena PHK 25 tahun silam. Berkat nasihat mentor saya bisa bangkit, dari hanya punya 3 karyawan sekarang 30 ribu karyawan. Gunakan setiap dari momen yang ada. AKI bisa dijadikan wadah untuk mengembangkan usaha. Saya yakin dari sini akan banyak yang menjadi pengusaha sukses. Temukan mentormu di sini, dan bina jejaring. Mudah-mudahan produk kreatif kita bisa go regional,” tutur Sandiaga.

Sandiaga berharap, kenaikan harga-harga yang terjadi saat ini dapat disolusikan dengan meningkatnya penghasilan UMKM yang masuk digitalisasi. 

“Hal ini bisa dicapai dengan menciptakan produk inovatif, adaptif, dan kolaboratif,” ujarnya.

“Kemenparekraf mengucapkan terima kasih kepada para mitra strategis yang terlibat dalam AKI 2022. Saya harapkan kolaborasi ini dapat dimanfaatkan finalis AKI dengan baik,” tandas Sandiaga.

Terkait dengan pariwisata halal, Sandiaga menyebut, tahun ini Indonesia naik 2 peringkat di posisi kedua wisata halal di dunia setelah Malaysia. 

“Ini sebagai akibat kita mendukung ekosistem pariwisata halal dengan konsep tambahan layanan. Di Tasikmalaya misalnya, hari ini kita luncurkan Santri Digitalpreneur Indonesia 2022 (SDI 2022) yang antara lain bertujuan untuk memperkuat ekosistem pariwisata halal, yang nantinya akan membuka peluang dan lapangan kerja seluas-luasnya,” ujar Sandiaga seraya mencontohkan ada produk dengan konsep syari dan kaligrafi sebagai bagian produk ekonomi kreatif yang mendukung wisata halal. 

Last but not least, Sandiaga mengajak semua pihak mendoakan momentum kebangkitan pariwisata agar terus terjaga. 

“Kita sedang dalam proses perbaikan pariwisata halal. Saya mencanangkan pada 2025 indeks naik 25 sehingga kita bisa mengungguli dan naik ke posisi satu dunia,” tandas Sandiaga. 

Editor : Novita Sari

Follow Berita iNews Cilegon di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut