Pulihkan Ekraf yang Terdampak Pandemi, Menteri Sandiaga Gelar Program AKI

Tim iNews
.
Jum'at, 05 Agustus 2022 | 16:30 WIB
Pameran Apresiasi Kreasi Indonesia (AKI) 2022 Kota Pontianak yang dilaksanakan di Gaia Bumi Raya City, diharapkan bisa menjadi wadah promosi dan pengembangan produk untuk menciptakan UMKM naik kelas. (Foto: Istimewa)

 Dukungan terhadap UMKM juga disampaikan oleh Komisaris Utama Bumi Raya Group Swandono Adijanto. Dia menyampaikan terima kasih atas kunjungan Menparekraf pada pameran AKI 2022 di Gaia Bumi Raya City Pontianak.

“Terima kasih atas pameran yang diadakan di sini. Terima kasih Pak Menteri yang datang mendukung UMKM sekitar Pontianak Kubu Raya, yang saya harap makin banyak yang tampil agar makin ramai. Bumi Raya mendukung UMKM. Kalau mau tampil di sini kami bisa provide lebih banyak ruangan,” serunya.

Pameran Apresiasi Kreasi Indonesia (AKI) 2022 telah memasuki kota/kab ke-9 yaitu pelaksanaan pameran untuk finalis terpilih dari kota Pontianak. Program AKI 2021 berhasil meningkatkan omset pelaku ekonomi kreatif, mempertemukan mereka dengan investor, dan yang paling penting, berhasil menjadi wadah untuk berkolaborasi antar pemangku kepentingan pelaku ekonomi kreatif.

Hasil positif ini membuat program Apresiasi Kreasi Indonesia hadir kembali di tahun 2022. Tahun kedua dilaksanakannya program unggulan Kemenparekraf ini dalam rangka membangkitkan kembali perekonomian masyarakat dan membuka lapangan kerja seluas-luasnya.

Selain itu, Apresiasi Kreasi Indonesia diharapkan bisa menjadi pembangkit semangat dan menjadi inspirasi para calon pelaku UMKM baru lainnya untuk berani mencoba membuka usahanya sendiri.

Pameran Apresiasi Kreasi Indonesia (AKI) 2022 Kota Pontianak yang dilaksanakan di Gaia Bumi Raya City, diharapkan bisa menjadi wadah promosi dan pengembangan produk untuk memaksimalkan karya yang dapat meningkatkan kreativitas juga pendapatan yang maksimal, sehingga menciptakan UMKM naik kelas.

Apresiasi Kreasi Indonesia (AKI) 2022 terdiri dari dua agenda utama: Bootcamp (peningkatan kapasitas) dan Pameran (menampilkan dan transaksi jual beli produk kreatif). Jarak pelaksanaan Bootcamp dan Pameran sekitar satu bulan.

Program AKI 2022 berlangsung di 16 Kota/Kabupaten Indonesia, yang terdiri dari: Banda Aceh, Padang, Pekanbaru, Jambi, Cilegon, Tangerang, Tasikmalaya, Cirebon, Tegal, Yogyakarta, Sidoarjo, Jember, Banjarmasin, Pontianak, Kendari, dan Ambon.

Acara AKI 2022 tidak akan berakhir hanya sampai pameran di kota/kabupaten masing-masing. Salah satu finalis per kota akan berkesempatan untuk memiliki pengalaman pameran nasional di Pekan Puncak AKI 2022.

Editor : Novita Sari
Halaman : 1 2 3 4
Bagikan Artikel Ini