get app
inews
Aa Read Next : Fantastis! Miliki 800.000 Masjid, Indonesia Tempati Urutan Pertama Masjid Terbanyak di Dunia

5 Ular Laut Paling Berbisa di Dunia, Salah Satunya Ada di Indonesia Lho! Cek faktanya

Sabtu, 20 Agustus 2022 | 16:00 WIB
header img
5 ular laut paling berbisa didunia, salah satunya ada diindonesia (Foto: Istimewa)

JAKARTA, iNewsCilegon.id - Inilah ular paling berbisa di dunia. Ular ini ada sejumlah laut dan mampu menimbulkan bahaya serius, cedera, bahkan kematian.

Meskipun secara umum dianggap pemalu dan penakut, ular laut terkenal karena racunnya yang mematikan bagi manusia meski hanya dalam jumlah yang sangat kecil. 

Ini Daftar Ular Laut Paling Berbisa

Mulai dari ular laut perut kuning yang mematikan hingga krait laut berpita hitam. Berikut 5 ular laut paling mematikan di dunia dihimpun iNewsCilegin.id dari laman Owlcation. Sabtu (20/8/2022).

1. Ular Laut Belcher

Ular laut Belcher (kadang-kadang disebut sebagai ular laut bergaris-samar) adalah spesies elapid yang terkenal karena bisanya yang sangat beracun. 

Dikenal sebagai ular paling berbisa di dunia, ular laut Belcher memiliki sifat yang relatif pemalu dan menghindari kontak dengan manusia. 

Ular ini banyak ditemukan di Samudera Hindia, Teluk Thailand, serta perairan pesisir Papua Nugini, Filipina, Indonesia, dan Australia. 

Mereka dapat dengan mudah dikenali karena tubuhnya yang ramping, ukurannya yang kecil (mencapai 1,5 meter saat dewasa), serta tubuh seperti krom dengan garis hitam.

2. Ular Laut Dubois

Ular laut Dubois juga dikenal sebagai ular laut karang, dikenal sebagai spesies ular mematikan dari keluarga Elapidae. 

Endemik perairan pesisir Australia dan Asia Tenggara, ular laut Dubois adalah spesies yang sangat berbahaya yang memiliki kapasitas untuk secara melukai serius (dan membunuh) manusia dengan satu gigitan.

Ular ini dapat dengan mudah dikenali karena ukurannya yang panjang, kepala yang lebar, ekor yang seperti sirip, serta warna kulit kecokelatan yang ditandai dengan rangkaian garis melintang berwarna coklat tua. 

Ular laut Dubois umumnya ditemukan di seluruh wilayah pesisir Australia dan Samudra Hindia di wilayah yang mengandung banyak rumput laut bawah laut.

3. Ular Laut Paruh

Ular laut berparuh, kadang-kadang disebut sebagai ular laut berhidung kait adalah spesies ular yang sangat berbisa dari keluarga Elapidae. 

Secara teratur diklasifikasikan sebagai salah satu ular laut paling mematikan di dunia, ular laut berparuh adalah hewan yang sangat berbahaya yang bertanggung jawab atas sejumlah gigitan dan kematian manusia setiap tahun. 

Endemik di Laut Arab, Teluk Persia, dan sebagian Asia Tenggara, ular mematikan ini dapat dengan mudah dikenali karena bentuknya yang panjang, warna abu-abu gelap, serta perut putihnya yang sangat kontras dengan bagian tubuhnya lainnya. 

Ular laut berparuh menghabiskan sebagian besar waktunya di dekat bebatuan dan dedaunan bawah air untuk melindungi diri dari pemangsaan.

Editor : Mahfud

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut