Logo Network
Network

Semangat Menparekraf Sandiaga Uno Bangkitkan Ekonomi Melalui Desa Wisata

Tim iNews
.
Kamis, 01 September 2022 | 07:44 WIB
Semangat Menparekraf Sandiaga Uno Bangkitkan Ekonomi Melalui Desa Wisata
Awalnya Desa Dayun adalah daerah sering terbakar dan paling tertinggal. Sekarang jadi Rahmatanlilalamin. Bahwa semesta alam memberikan berkah. (Foto: Istimewa)

BIAK, iNewsCilegon.id - Dalam rangka roadshow Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2022, kali ini Menparekraf Sandiaga Salahuddin Uno mengunjungi Desa Dayun yang berlokasi di Kabupaten Siak, Riau yang juga merupakan kampung halamannya.

Desa Dayun masuk dalam daftar 50 desa wisata terbaik program ADWI 2022. Tentu bukan perkara mudah.

Mereka telah melalui proses uji standar penilaian tim juri yang terdiri dari tujuh kategori. Yakni 1. Daya tarik pengunjung (alam dan buatan, seni dan budaya), 2. Suvenir (kuliner, fesyen, dan kriya), 3. Homestay, 4. Toilet umum, 5. Digital dan kreatif, 6. Cleanliness, Health, Safety, and Environment Sustainability (CHSE), dan 7. Kelembagaan Desa.

Mereka pun mendapatkan pembinaan dan pendampingan dari mitra strategis Kemenparekraf, melalui program Desa Mitra Bakti BCA selama setahun ke depan. 

”Inilah desa wisata yang menunjukkan paket komplet. Dimana bahwa desa ini awalnya merupakan embung yang menjadi sumber air untuk kebakaran hutan. Tapi Allah SWT membukakan peluang usaha. Dan sekarang kita lihat ini dikunjungi ratusan warga. Dan ini dekat dengan Danau Zambrud yang merupakan lahan gambut terluas kedua di dunia. Kawasan embung terpadu ini kita harapkan terus berinovasi, beradaptasi, berkolaborasi, menampilkan pariwisata berbasis masyarakat dan berkelanjutan. Marilah ini menjadi semangat desa membangun Indonesia," ucap Sandiaga yang disambut riuh tepuk tangan masyarakat. 

Wakil Bupati Siak Husni Merza mengungkapkan, banyak destinasi wisata di Siak. Selain Embung dan Danau Zambrud, ada Istana Siak.

”Sungai Siak, sungai terdalam. Dan kemudian ada Tangsi Belanda. Banyak objek wisata. Visi kami menjadi tujuan pariwisata di Sumatera. Sebelum Covid sudah ada kunjungan 610.000 ke Siak. Mudah-mudahan dengan kedatangan Mas Menteri akan semakin banyak kunjungan ke sini lagi. Akan membangkitkan ekonomi," kata Husni. 

Follow Berita iNews Cilegon di Google News

Halaman : 1 2 3
Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.