get app
inews
Aa Read Next : Bisa Konsultasi Kebocoran Data Gratis, Pameran Cyber Security DTI CX 2023

Uniknya Festival Desain di Bintaro Design District

Rabu, 14 September 2022 | 20:31 WIB
header img
Ki-ka: Hermawan Tanzil, Budi Pradono, Andra Matin, dan Danny Wicaksono. (Foto: Tim iNews)

BINTARO, iNewsCilegon.id - Sempat terhenti selama dua tahun karena Pandemi, festival desain Bintaro Design District kembali hadir dengan berbagai keistimewaan.

Ya, harus diakui, desain tak bisa dipisahkan dari kehidupan manusia. Dari mulai sandang, pangan, papan, semua memerlukan desain.

Meski begitu, tak banyak orang yang mengerti dan bisa menikmati desain. 

Hal itulah yang melatarbelakangi empat orang kreatif, inisiator dan kurator Bintaro Design District (BDD), yaitu; Hermawan Tanzil (Le.Bo.Ye), Andra Matin (Andra Matin Architecture), Budi Pradono (Budi Pradono Architecture), dan Danny Wicaksono (Studio Dasar), meluncurkan gagasan untuk menyelenggarakan festival desain di bawah Yayasan Bintaro Design District.

"Desain perlu dibawa ke ruang publik dan dapat diakses, karena desain bisa menjadikan hidup dan perasaan lebih baik," terang Danny Wicaksono.

"Gagasan-gagasan berikut akan timbul ketika berpijak di atas gagasan lain. Sehingga menghasilkan sesuatu yang lebih baik dan lebih dalam," kata Danny. 

"Popularitas desain memang belum banyak. Makanya kita bikin festival ini. Karya yang bisa diinvasi oleh masyarakat luas. Misalnya, Pak Budi Pradono mendandani warung kecil bubur kacang ijo menjadi lebih bagus, mendandani gerobak cendol menjadi sesuatu yang beda dan menarik," timpal Andra Matin. 

"Festival art mungkin sudah banyak, tapi festival desain belum ada. Desain itu lebih terapan dan harusnya lebih memasyarakat karena bisa dipakai," tambah Andra.

Sedikit menengok ke belakang, terbentuknya Yayasan Bintaro Design District (BDD) diawali dengan pertemuan informal para pendirinya (Andra Matin, Budi Pradono, Danny Wicaksono, dan Hermawan Tanzil) saat acara London Design Biennale di Inggris tahun 2016.

Kegiatan sharing desain dan kumpul- kumpul di wilayah Bintaro layaknya pertemuan karang taruna tersebut, memicu semangat untuk meningkatkan apresiasi masyarakat pada dunia desain lewat pameran dan diskusi-diskusi informal, membahas tentang karya-karya terbaru, serta mengadakan open house dan kritik karya.

Editor : Novita Sari

Follow Berita iNews Cilegon di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut