get app
inews
Aa
Read Next : Mudik Gratis Pemkot Cilegon Siap Angkut 2.160 Pemudik

Viral, Warna Pertalite Lama dan Baru Berbeda dan Disebut Makin Boros, Ini Pengakuan Pertamina

Senin, 26 September 2022 | 09:30 WIB
header img
Warna Pertalite lama dan baru ternyata berbeda. Warganet mengunggah Pertalite baru lebih boros dibanding Pertaline lama. (Foto: Facebook/Istimewa/iNews.id)

JAKARTA, iNewsCilegon.id - Viral ternyata warga Pertalite lama dan baru berbeda. Dalam unggahan viral di facebook juga disebutkan Pertalite baru lebih boros.

Unggahan menampilkan foto Pertalite lama dan baru. Pertalite lama warnanya hijau lebih pekat. Sedangkan Pertalite baru, warnanya lebih muda.

Masih dalam unggahan tersebut, Pertalite baru disebut lebih boros.  Warganet mengeluhkan bahwa bahan bakar kendaraan mereka lebih cepat habis alias boros.

Pengakuan PT Pertamina

PT Pertamina mengakui warna Pertalite baru memang lebih muda. Namun itu tidak mempengaruhi kualiatas.

“Perbedaan warna pada BBM tidak ada kaitannya dengan boros atau tidaknya penggunaan BBM,” kata Irto Ginting Corporate Secretary PT Pertamina Patra Niaga dalam keterangan  Senin (26/9/2022).

Irto menegaskan kualitas Pertalite tetap sama yaitu BBM jenis RON90. Kualitas Pertalite didasarkan pada standar yang ditetapkan Direjen Migas.

Irto mengacu  Keputusan Dirjen Migas Nomor 0486.K/10/DJM.S/2017 tentang Standar dan Mutu (Spesifikasi) Bahan Bakar Minyak Jenis Bensin 90 Yang Dipasarkan Di Dalam Negeri.

Irto menyatakan warna dalam BBM hanyalah pembeda saja. Pertalite misalnya berwarna hijau, sedangkan Pertamax biru.

“Warna asli BBM itu justru bening. Penambahan zat pewarna pada BBM hanya bertujuan agar masyarakat umum dapat membedakan jenis-jenis BBM yang digunakan,” jelas Irto.

Irto juga menegaskan PT Pertamina melakukan pengawasan kualitas BBM secara ketat.

Editor : Mahfud

Follow Berita iNews Cilegon di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut