Menparekraf Sandi Buktikan ADWI Program Tepat Sasaran, Manfaat, dan Waktu sebagai Penggerak Ekonomi

Tim iNews
.
Senin, 03 Oktober 2022 | 21:33 WIB
Di Kerinci, inisiasi dan kreasi anak bangsa mengubah rawa yang tidak bernilai ekonomi, menjadi bernilai ekonomi. Foto: Ist

KERINCI, iNewsCilegon.id - Kali ini Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2022 menyambangi Desa Wisata Pentagen, Kabupaten Kerinci, Jambi.

Kegiatan tersebut dihadiri langsung oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno.

Desa Pentagen masuk dalam daftar 50 besar desa wisata terbaik pada ADWI 2022. 

Mas Menteri -sapaan Sandiaga Uno- beserta rombongan, tiba di depan balai Desa Pendung Talang Genting (Pentagen) dan langsung menaiki odong-odong menuju Taman Pertiwi. 

Mas Menteri disambut oleh tarian Sekapur Sirih yang dibawakan oleh delapan remaja. Tampak sambutan masyarakat dan jajaran pimpinan daerah setempat menyambut dengan hangat. 

Setelah pengelola desa wisata tersebut melakukan presentasi, Mas Menteri lalu mengunjungi stand UMKM yang menampilkan produk-produk kuliner khas Pentagen. Diantaranya; Gulai Dayek, Sambal Lokan, Rebung Tumbuk, dan Kopi.

Sementara untuk souvenir, ada pelepah pisang dan kulit kayu tarok. Sedangkan produk fesyen, berupa kaos dan kain batik Kerinci.

Dalam kesempatan itu, Mas Menteri juga menyaksikan atraksi pembuatan produk-produk tersebut, mencoba, dan membelinya. Mas menteri juga melihat kegiatan pembuatan kopi secara tradisional. 

Mas Menteri kemudian melanjutkan kunjungan dengan berkeliling Taman Pertiwi diiringi oleh salawat dan hadrah oleh 300 santri yang ada di Desa Pentagen. 

Mas Menteri mengatakan, desa wisata merupakan program unggulan yang menjadi pilihan banyak desa di tanah air. Itu terlihat dari peningkatan jumlah pendaftar desa wisata yang mencapai 200 persen lebih. 

”Ini menunjukkan ADWI menjadi program tepat sasaran, tepat manfaat, dan tepat waktu,” ungkap Mas Menteri.

Halaman : 1 2 3
Bagikan Artikel Ini