get app
inews
Aa Read Next : Kemenkes RI Wawancarai Sejumlah Pasien, Survey Kepuasan Pasien RSUD Pandeglang

6 Cara Redakan Demam Anak Tanpa Obat Sirup

Senin, 24 Oktober 2022 | 09:15 WIB
header img
Redakan Demam Anak Tanpa Sirup (Foto: Istimewa).

CILEGON, iNewsCilegon.id - Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI waspada dini semakin bertambahnya anak-anak yang meninggal akibat gagal ginjal akut, sehingga menyarankan para orang tua hindari sementara obat sirup, masih ada cara alami untuk meredakan demam anak.

Orang tua wajib paham pertolongan awal pada anak demam dengan cara alami tanpa obat sirup, sebelum ke dokter bila gejala berlanjut.

Berikut cara alami redakan demam anak tanpa obat sirup:

1. Kurangi Aktivitas

Ajak anak istirahat agar suhu tubuh mereda dengan mengurangi aktivitas yang mungkin membuatnya lelah menyebabkan daya tahan tubuh menurun.

Aktif gerak dan lelah akan menyebabkan suhu tubuh meningkat, putarkan acara televisi atau tontonan lain yang disukai agar bersedia berbaring.

2. Air Putih

Dehidrasi adalah salah satu reaksi tubuh anak karena demam, sehingga harus diberikan cukup asupan cairan berupa air putih.

Menambah asupan cairan bisa dengan memberikan pada anak makanan yang berkuah, teh herbal yaitu teh dengan tambahan madu dan jahe.

3. Asupan Makanan Bergizi

Upayakan anak tetap mendapat asupan makanan bergizi walau sedikit tetapi sering agar daya tahan tubuh lebih baik.

Selera makan anak tentunya turun, jadi pastikan makanan yang berkualitas, meski masuk tubuh sedikit tetapi nutrisinya tercukupi.

Misalnya dengan kuah berkaldu, bukan dari yang instan tetapi hasil rebusan daging/ayam sehingga benar-benar berkualitas.

4. Pijat Dengan Ramuan Herbal

Ramuan herbal terdiri dari campuran minyak kayu putih dan 2-3 parutan bawang merah ditambah perasan air jeruk nipis.

Minyak kayu putih dapat diganti dengan minyak kelapa, jeruk nipis boleh diganti dengan asam jawa. Balurkan sambil pijat lembut bagian punggung, dada, dan perut.

Selain ramuan herbal, pijat dengan PepperMint Oil dipercaya mampu meredakan demam anak karena kandungan mentol akan melancarkan hidung yang tersumbat.

Editor : Mahfud

Follow Berita iNews Cilegon di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut