get app
inews
Aa Read Next : Rekomendasi Jadwal Imunisasi Lengkap Anak Yang Dikeluarkan IDAI 2023

Tak Terima Tiketnya Dibatalkan, Penumpang Kereta Siram Petugas Dengan Kuah Odeng

Jum'at, 28 Oktober 2022 | 18:00 WIB
header img
Tak terima tiketnya dibatalkan, Seorang penumpang kereta siram petugas tiket dengan kuah odeng. Foto: Istimewa

iNewsCilegon.id - Dalam keterangan tertulis, kejadian tersebut terjadi pada Senin (24/10/2022). Kejadian itu berawal ketika seorang calon penumpang berinisial N yang akan menggunakan KA Argo Parahyangan tujuan Bandung tidak dapat melanjutkan proses boarding, dan tidak diizinkan untuk naik kereta api karena belum melengkapi persyaratan vaksin ketiga atau booster.

Saat melalui proses pemeriksaan berdasarkan sistem terdata bahwa yang bersangkutan belum melakukan vaksin ketiga atau booster, dan tidak dapat menunjukan berkas lain seperti surat keterangan dari rumah sakit pemerintah jika memang tidak dapat divaksin karena alasan medis. 

Dilansir iNewsCilegon.id, dari laman PT KAI, Jumat (27/10/2022), Kahumas PT KAI Daop 1 Jakarta Eva Chairunisa mengatakan, setelah petugas boarding penumpang diarahkan untuk segera melakukan pembatalan tiket mengingat waktu yang terbatas untuk mekanisme pembatalan tiket hanya dapat dilakukan paling lama 30 menit.

Pada saat di loket pembatalan, kata Eva, petugas kembali menjelaskan mekanisme pembatalan dengan baik sesuai SOP. Namun secara tiba-tiba calon penumpang tersebut dengan sengaja menyiram petugas dengan makanan berkuah. Setelah melakukan perbuatan tersebut penumpang langsung pergi.

"Saat ini sistem pemeriksaan tiket sudah terintegrasi dengan aplikasi peduli lindungi, sehingga calon pengguna yang terdata belum melakukan vaksin sesuai ketentuan tidak akan diizinkan untuk melakukan perjalanan KA dan akan diarahkan untuk melakukan proses pembatalan tiket," kata Eva.

"KAI Daop 1 Jakarta mengecam tindakan yang dilakukan oleh oknum penumpang tersebut yang telah menyiram petugas dengan odeng kuah. Petugas telah menjalankan fungsinya sesuai dengan SOP yang berlaku," kata Eva.

Lanjut eva, KAI Daop 1 Jakarta menegaskan, bahwa kelengkapan data vaksin merupakan salah satu persyaratan utama yang wajib dipenuhi oleh calon pengguna jasa. Petugas akan melakukan pemeriksaan tiket sebelum calon pengguna naik KA.

Sontak insiden itupun menuai komentar beragam warganet.

"Blacklist aja, dikasih kemudahan malah bikin masalah," tulis @madan_priono.

"Janagn sampe di stasiun lain tuh mbak nglmpar petugas pake bola biliar," komentar @yudhatrik_98.

Editor : Mahfud

Follow Berita iNews Cilegon di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut