Logo Network
Network

4 Tips Cegah Gagal Ginjal Akut pada Anak

Insan Sujadi/net Cilegon
.
Rabu, 02 November 2022 | 14:15 WIB
4 Tips Cegah Gagal Ginjal Akut pada Anak
4 tips cegah gagal ginjal akut pada anak. Foto: MNC Media

JAKARTA, iNewsCilegon.id - Tips cegah gagal ginjal akut. Gagal Ginjal Akut yang menyerang anak-anak menjadi ancaman bagi setiap orang tua. Terlebih lagi jumlah kasus terus bertambah hingga mencapai lebih dari 300 pasien dengan 159 anak meninggal dunia.

Penyakit ini menjadi perhatian serius banyak kalangan. Tak terkecuali para tenaga medis. Dokter spesialis anak, dr M. Ramdhani Yassien membagikan sejumlah tips bagi para bunda untuk mencegah anak terserang penyakit gagal ginjal akut.

Inilah 4 tips cegah gagal ginjal akut pada anak: 

1. Protokol kesehatan

2. Rajin minum air putih

3 Imunisasi lengkap

4. Perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS)

"Salah satunya dengan perbanyak minum air putih, jadi faktor risikonya bisa dihindari dengan pola hidup sehat, jaga kebersihan, dan banyak minum dan imunisasi lengkap."

"Yang familiar seperti dua tahun ini lah prokes, jadi kembali lagi pada PHBS ya," kata Dokter Spesialis Anak, dr M. Ramdhani Yassien, MMRSm Sp. A dari RSUP persahabatan dalam siaran Sehat di Radio Kesehatan, Rabu (2/11/2022).

Sebagai informasi, penyakit ini diduga kuat terjadi akibat obat sirop yang tercemar senyawa etilen glikol (EG). meski begitu, tidak semua anak minum obat sirop mengalami gagal ginjal akut misterius.

Follow Berita iNews Cilegon di Google News

Halaman : 1 2
Bagikan Artikel Ini