get app
inews
Aa Read Next : Hati-hati, Ada Obat Batuk Terkontaminasi Racun Menyebabkan Kematian

Uang Rp20 Ribu Milik Indonesia Hebohkan India, Kenapa Ya?

Minggu, 06 November 2022 | 09:05 WIB
header img
Mata uang kertas indonesia pecahan Rp20 ribu gegerkan India. Foto: Istimewa

CILEGON, iNewsCilegon.id - Uang kertas pecahan Rp20 ribu milik Republik Indonesia tahun emisi 2008 hebohkan negeri Sahrukh Khan. Pasalnya mata uang rupiah pecahan Rp20 ribu ini tengah menjadi perbincangan yang menggegerkan kalangan politisi India

Kehebohan ini berawal dari usulan yang diungkapkan oleh Arvind Kejriwal, yang merupakan Kepala Wilayah Pemerintahan pada 26 Oktober lalu.

Kala itu, Kejriwal meminta Pemerintah India untuk mencetak uang dengan gambar Dewi Lakshmi dan Dewa Ganesha seperti yang timbul dalam pecahan Rp20 ribu di Indonesia, tahun emisi 2008. 

Kejriwal juga menggarisbawahi status Indonesia yang merupakan negara Muslim terbesar di dunia, namun menerapkan gambar Dewa umat hindu dalam pecahan mata uang kertasnya.

"Indonesia adalah negara Muslim. Dimana 85% Muslim dan hanya 2% Hindu, tetapi ada gambar Dewa Ganesha di mata uang. Saya memohon kepada Perdana Menteri agar gambar Dewi Lakshmi dan Dewa Ganesha dipasang di mata uang kita," tulisnya dikutip iNewsCilegon.in melalui Hindustan Times. Minggu (6/11/2022).

Dketahui, Kejriwal merupakan pemimpin Partai Aam Aadmi (AAP). Partainya juga telah berkampanye secara aktif dan masif di negara bagian Gujarat yang notabenenya dikuasai partai milik PM Narendra Modi, Partai Bharatiya Janata (BJP). Aksi Kejriwal yang melontarkan wacana ini diyakini memiliki muatan politis. 

Editor : Mahfud

Follow Berita iNews Cilegon di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut