Logo Network
Network

Sambut Hari Pahlawan Nasional, Jokowi Tetapkan Lima Pahlawan Baru, Siapa Sajakah?

Ila Nurlaila Sari
.
Minggu, 06 November 2022 | 08:35 WIB
Sambut Hari Pahlawan Nasional, Jokowi Tetapkan Lima Pahlawan Baru, Siapa Sajakah?
Mahfud MD umumkan 5 nama pahlawan baru diakun twitternya. Foto : Istimewa

CILEGON, iNewsCilegon.id - Menyambut hari pahlawan nasional Pemerintah Republik Indonesia menetapkan lima nama pahlawan baru. 

Hal ini terungkap dalam unggahan akun twitter milik Menteri Kordinator Politik Hukum dan Keamanan (Menkopolhukam) Mahfud MD @mohmahfudmd, pada Kamis (3/11/2022).

"Pemerintah akan anugerahkan gelar Pahlawan Nasional kepada lima putera pejuang dan pengisi kemerdekaan Indonesia," demikian bunyi cuitan Mahfud MD dalam akun twitternya.

Mahfud juga mengatakan, bahwa penganugerahan gelar Lima Pahlawan Nasional itu bakal dilakukan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Istana Negara, Jakarta Pusat pada Senin (7/11/2022).

Berikut daftar Lima nama Pahlawan baru yang ditetapkan Jokowi.

1. dr. R. Rubini Natawisastra

Asal dari Kalimantan Barat. Semasa hidup, Rubini ingin menurunkan angka kematian ibu dan anak saat melahirkan yang kerap terjadi di praktik bidan tradisional (dukun beranak).

Rubini merupakan dokter lulusan STOVIA (School Tot Opleiding Van Inlandsche Artsen atau Sekolah Kedokteran Bumiputra) dan NIAS atau Nederlands Indische Artsen School (Surabaya).

2. H. Salahuddin bin Talabuddin

Berasal dari Maluku Utara. Salahuddin adalah tokoh yang memimpin pergerakan melawan penjajah di wilayah Maluku Utara. 

Ia berkali-kali ditawan pihak Belanda dan dikurung lalu disiksa di penjara Sawahlunto, Nusakambangan hingga ke Boven Digul.

3. KH. Ahmad Sanusi

Berasal dari Jawa Barat, Sanusi merupakan pendiri dari Al-Ittahadiyatul Islamiyah (AII), organisasi yang aktif bergerak dalam bidang pendidikan, sosial, dan ekonomi. Pada awal kependudukan Jepang di Indonesia, AII dibubarkan. 

Ia kemudian mendirikan Persatuan Umat Islam Indonesia (PUII). 

Semasa hidup, ia juga pernah menjabat sebagai anggota Badan Penyelidik Usaha-Usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia (BPUPKI) pada 1945. 

Follow Berita iNews Cilegon di Google News

Halaman : 1 2
Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.