get app
inews
Aa Read Next : Mudik Gratis Pemkot Cilegon Siap Angkut 2.160 Pemudik

5 Pahlawan Nasional dari Banten, Berperan Besar Dalam Perjuangan Mengusir Belanda

Sabtu, 05 November 2022 | 11:34 WIB
header img
Pahlawan nasional dari Banten. Kesultanan Banten, simbol kepahlawanan Banten dalam melawan Belanda. Foto: Tangkapan Layar Video

JAKARTA, iNewsCilegon.id - Pahlawan dari Banten berperan besar dalam perjuangan melawan Belanda. Semangat kepahlawanan Banten seperti dilakukan Sultan Ageng Tirtayasa dan juga Geger Cilegon turut menginspirasi daerah lain untuk melakukan perlawanan serupa.

Pada masa menjelang kemerdekaan tahun 1945 dan agresi militer Belanda dari tahun 1945-1949, pahlawan dari Banten juga banyak.

Hanya sayangnya, dari sekian banyak pahlawan hanya tiga orang saja yang mendapatkan gelar pahlawan nasional.

Pahlawan Nasional dari Banten

1. Sultan Ageng Tirtayasa

Sultan Ageng Tirtayasa memimpin Kesultanan Banten pada 1640-1650. Pada masa itulah ia memimpin perang melawan VOC Belanda yang melakukan monopoli dagang dan menyengsarakan rakyat.

Sultan Ageng Tirtayasa resmi mendapat gelar pahlawan nasional pada 1 Agustus 1970.

2. KH Wasyid

KH Wasyid dalah pejuang perlawanan rakyat Banten dalam perang melawan Belanda yang dikenal sebagai Geger Cilegon. Peristiwa Geger Cilegon pecah pada 9 Juli 1888. Dalam perjuangannya, KH Wasyid gugur sebagai syahid pada 30 Juli 1888.

3. Syafruddin Prawiranegara

 Nama Syafruddin Prawiranegara menonjol pada saat perjuangan mempertahankan kemerdekaan. Pada agresi militer II 19 Desember 1948, Belanda berusaha menjatuhkan pemerintahan RI di Yogyakarta.

Syafruddin Prawiranegara pada saat itu menjabat sebagai Presiden atau Ketua Pemerintahan Darurat Republik Indonesia (PDRI). Ia memimpin perundingan dengan pihak Belanda dan berhasil membebaskan Soekarno untuk kembali ke Yogyakarta.

Ia meninggal dunia pada 15 Februari 1989 dan ditetapkan sebagai pahlawan nasional pada 2011.

Editor : Mahfud

Follow Berita iNews Cilegon di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut