get app
inews
Aa Read Next : Kementan Bantu Pompanisasi Sawah Tadah Hujan di Banten

Viral Dijagat Maya, Gubuk Reot Milik Nenek Tua Renta di Pandeglang Akhirnya Diperbaiki

Jum'at, 11 November 2022 | 15:33 WIB
header img
Viral, gubuk reot Nenek Simot kondisinya memperihatinkan. Foto: Istimewa

PANDEGLANG, iNewsCilegon.id - Nenek Simot (70) warga Kampung Kebon, Desa Rahayu, Kecamatan Patia, Kabupaten Pandeglang, Provinsi Banten, Sempat viral beberapa hari lalu karena tinggal dirumah gubuk tak layak huni yang nyaris roboh.

Menanggapi hal ini, Kepala Dinas Perumahan Kawasan Permukiman dan Pertanahan (DPKPP) Kabupaten Pandeglang pun akhirnya mengunjungi kediaman Nenek Simot. Jum'at (11/11/2022).

Kedatangan Kepala Dinas bersama Kabid dan Tim dikediaman rumah tidak layak huni (RTLH) milik Nenek Simot ini sebagai bentuk tindak lanjut dari viralnya kondisi Nenek Simot disejumlah media.

Kadis DPKPP Pandeglang, Asep Rahmat, yang diwakili Aip Setiawan, selaku Kabid DPKPP mengatakan, bahwa pemberitaan media yang sempat viral terkait dengan rumah tidak layak huni milik Nenek Simot, DPKPP Pandeglang langsung sigap menurunkan tim validasi dan melakukan verifikasi. Secara aturan, kondisi rumah Nenek Simot masuk dalam kriteria yang layak mendapatkan bantuan.

"Terkait dengan rumah tidak layak huni milik Nenek Simot ada informasi dari perwakilan Dinas Sosial akan mendapatkan bantuan Kementerian Sosial langsung kita akan tunggu, Namun sambil menunggu terlaksananya bantuan tentunya rumah ini segera lakukan langkah-langkah untuk persiapan swadaya dan kami bersama kadis merespon baik untuk membantu swadaya pondasinya," ucapnya.

Lebih lanjut, Aip Setiawan menjelaskan, bahwa swadaya pondasi yang akan dilakukan Pemerintah Kabupaten Pandeglang melalui Dinas Perkim secepatnya akan dikoordinasikan dengan pihak Desa Rahayu.

"Rabu mendatang rencananya akan kami turunkan material semen, pasir dan batu untuk mempercepat proses guna mengambil sikap cepat merespon atas pemberitaan yang Viral," ujarnya.

Sementara itu, Sarmin, Kepala Desa Rahayu menyampaikan ucapan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu sehingga dapat terlaksananya Kegiatan pembangunan rehabilitasi RTLH milik Nenek Simot. 

"Dimana tujuan utamanya yaitu untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat dengan tersedianya pelayanan perumahan yang layak huni bagi penduduk miskin agar hidup lebih sejahtera, dan Alhamdulillah kunjungan Dinas DPKPP hari ini bentuk tanggapan atas keperduliannya," tutur Sarmin.

Editor : Mahfud

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut