get app
inews
Aa Read Next : Dinkop Cilegon Bagikan Sertifikat MD BPOM dan Hasil Uji Umur Masa Simpan

Kota Cilegon Gelar Simulasi Kedaruratan Kesehatan Masyarakat Akibat Cemaran B3

Minggu, 27 November 2022 | 09:43 WIB
header img
Penyelenggaraan simulasi kedaruratan kesehatan masyarakat akibat cemaran B3 di di Kawasan Industri PT Krakatau Steel, Sabtu (26/11/2022). (Foto: Diskominfo Kota Cilegon)

Untuk itu, lanjut Helldy, mari kita berinvestasi kesiapsiagaan pada pra bencana, agar dampak bencana yang timbul dapat di tekan, dampak ekonomi lebih murah, dan bermanfaat bagi keberlangsungan usaha dan mata pencaharian masyarakat.

"Kebijakan arus utama yang  harus didorong dan dikawal oleh semua pihak adalah program pengurangan risiko bencana dengan memberikan peringatan kesadaran dan kewaspadadaan masyarakat  terhadap ancaman bencana, BPBD Kota Cilegon memiliki peran untuk menyampaikan kesiapsiagaan secara luas kepada masyarakat," tegasnya.

"Oleh karenanya saya perintahkan kepada badan penanggulangan bencana daerah Kota Cilegon agar pada setiap tanggal 26 Desember untuk melakukan simulasi kesiapsiagaan bencana yang lebih luas dengan berbagai skenario ancaman yang ada di Kota Cilegon," imbuhnya.

Helldy berharap kegiatan ini dapat meningkatkan penanggulangan krisis kesehatan akibat bencana di Kota Cilegon. "Semoga kegiatan ini dapat memberikan dan melahirkan rumusan-rumusan yang dapat membawa kemajuan dan perbaikan di bidang penanggulangan krisis kesehatan akibat bencana khususnya di Kota Cilegon, sehingga tujuan untuk menciptakan masyarakat Kota Cilegon yang cerdas,adil, makmur, mandiri dan tangguh akan dapat tercapai," harapnya.

Sementara itu, Maxi Rein Rondonuwu selaku Direktur Jenderal Pencegahan Dan Pengendalian Penyakit Kemenkes Ri menjelaskan jika simulasi ini merupakan bentuk uji Rencana Kontinjensi yang dipersiapkan. "Simulasi lapangan ini merupakan bentuk uji Rencana Kontinjensi yang telah dipersiapkan, tepat dan efektifnya suatu Rencana Kontijensi Kedaruratan Kesehatan hanya  dapat diketahui  dengan menerapkannya dalam kejadian sebenarnya atau dengan mengujinya dalam table top exercise maupun simulasi lapangan," ungkapnya.

"Rencana Kontijensi hanya dapat diterapkan dengan baik,  bila seluruh jajaran terkait dan segenap lapisan masyarakat, termasuk kalangan swasta  serta  pelaku usaha turut berperan serta dan bekerjasama dengan baik," lanjutnya.

Maxi mengajak seluruh instansi dan masyarakat untuk bahu membahu mewujudkan Cilegon yang siap siaga dalam menghadapi Kedaruratan Kesehatan Masyarakat. "Kota Cilegon merupakan kawasan industri dan strategis nasional, dimana kawasannya rawan bencana alam seperti gempa bumi, tsunami dan vulkanik, tidak terlepas juga dari ancaman bahaya kimia yang sewaktu  waktu dapat terjadi dan menimbulkan dampak kesehatan yang luas sehingga menyebabkan terjadinya suatu Kedaruratan Kesehatan Masyarakat," pungkasnya.

Editor : Mohamad Hidayat

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut