get app
inews
Aa Read Next : Kalahkan Paris, Bali jadi Destinasi Wisata Populer Kedua di Dunia versi Tripadvisor

Kenapa Tari Kecak Bikin Merinding, Ternyata Kisah Mistis Ini Alasannya

Rabu, 30 November 2022 | 10:56 WIB
header img
Kisah Mistis di balik Tari Kecak Bali. Foto: Antara/iNews

DENPASAR, iNewsCilegon.idKisah mistis tari kecak kerap membumbui tarian tradisional dari Bali ini. Tarian ini konon tercipta untuk membangun komunikasi dengan Tuhan

Jika beberapa tarian daerah biasanya dibawakan kaum hawa maka tidak dengan tari kecak. Pada penari ini harus laki-laki. Tarian ini memang tidak menyuguhkan banyak gerakan.

Tetapi siapa sangka, tarian menyimpan kisah mistis yang membuat para penontonya semakin tertarik. Sebelum membahas soal mistisnya, tarian ini rupanya diciptakan Wayan Limbak seniman asli Bali pada 1930. Tarian ini bisa mendunia usai dipopulerkan pelukis Jerman, Walter Spies.


Tari Kecak Bali. Foto: Antara

Lalu apa kisah mistis di balik tari kecak?

Tarian yang identik dengan terikana cak cak cak ini biasanya dibawakan 50 hingga 100 pria. Para penari ini akan duduk melingkar dengan musik gamelan.

Dengan gerakan tangan di atas mereka akan beraksi. Gerakan ini rupanya memiliki simbol kisah Ramayana saat dibantu para kera beratung dengan Rahwana. Konon para penari ini akan dirasuk roh sehingga akan kebal dengan api.


Kisah mistis di balik tari kecak. Foto: Antara

Dalam beberapa sumber disebutkan jika tari kecak ini dari ritual tarian sanghyang. Para penari pun bergerak tanpa iringan musik. Penari ini hanya dibekali gelang kaki atau krincingan sehingga terdengar irama musik saat mereka bergerak. 


Kisah mistis di balik tari kecak bali. Foto: Antara

Dalam kondisi menari, biasanya para pria itu tidak sadar saat beraksi. Para penari itu konon sedang berkomunikasi dengan tuhan atau sanghyang.

Itu kisah mistis tari kecak Bali. Kalian sudah ada yang pernah menonton langsung? 

Editor : Mahfud

Follow Berita iNews Cilegon di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut