get app
inews
Aa Read Next : Pertama di Dunia Ada Jalan Nusantara di Gedung UNESCO, Indonesia Bangga

Inilah Produk BUMN yang Mendunia, Bikin Bangga Indonesia

Senin, 05 Desember 2022 | 13:07 WIB
header img
Produk 5 BUMN Ini diekspor ke berbagai negara. Foto: MNC Media

CILEGON, iNewsCilegon.id - Produk BUMN yang mendunia mencuri perhatian publik dan membanggakan Indonesia. Banyak produk yang diproduksi oleh Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dan dipasarkan di pasar internasional. Beberapa produk strategis BUMN berhasil menembus pasar dunia melalui ekspor.

Sebelumnya, Menteri Badan Usaha Milik Negara Erick Thohir mengatakan ekosistem bisnis yang sehat dan kompetitif dapat membantu badan usaha milik negara mengglobal. BUMN perlu meningkatkan bisnisnya secara global untuk meningkatkan kinerja operasional, keuangan, dan asetnya.

Hingga saat ini terdapat 72 cabang, anak hingga cucu perusahaan BUMN yang tersebar di seluruh dunia. BUMN yang telah melebarkan sayapnya secara internasional adalah Bank BRI, Bank Mandiri, Bank BNI, Garuda Indonesia, Sucofindo, Serveyor Indonesia, WIKA, Pertamina, Mind ID, Dirgantara Indonesia hingga Telkom Indonesia

Produk BUMN yang Mendunia

Dikutip dari berbagai sumber, inilah beberapa produk BUMN yang mendunia pada tahun 2019.

1. PT Barata Indonesia (persero)

Keberhasilan penjualan komponen kereta api di Amerika Serikat, Meksiko, dan Kanada. PT Barata Indonesia (persero) Hari Santosa, perusahaan berhasil mencapai total omzet ekspor sebesar Rp Rp55,311 miliar.

2. PT Bio Farma (Persero)

Sebagai BUMN yang memproduksi vaksin dan antisera, Bio Farma berhasil menjual produk vaksinnya ke India, Turki, dan Honduras. Dari penjualan ekspor, perseroan mendapat USD5,18 atau sekitar Rp75 miliar.

3. PT Industri kereta Api Indonesia (Persero) / PT INKA

Sebagai operator di industri perkeretaapian, PT INKA telah berhasil menjual produknya juga di pasar Asia Selatan dan Afrika. Selain beberapa negara di Afrika dan Bangladesh, produk kereta api PT INKA juga beroperasi di Sri Lanka, Australia, Singapura, Filipina, Thailand, dan Malaysia.

Editor : Mahfud

Follow Berita iNews Cilegon di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut