get app
inews
Aa Read Next : Mudik Gratis Pemkot Cilegon Siap Angkut 2.160 Pemudik

Galian Batu Disulap jadi Danau Indah di Cikuasa Cilegon, Wisata Watu Benteng 8 Menit dari Merak

Selasa, 20 Desember 2022 | 17:24 WIB
header img
Danau Watu Benteng di Lingkungan Cikuasa, Gerem, Cilegon menjadi alternatif wisata pegunungan di Kota Cilegon yang didominasi pantai. Foto: Mada Mahfud/iNews Cilegon

CILEGON, iNewsCilegon.idKota Cilegon kini memiliki satu lagi spot wisata yang muncul secara tak disengaja. Lokasi bekas galian batu dan pasir dengan kedalaman puluhan meter secara alami berubah menjadi danau indah.

Untuk mengungkap keberadaan Danau Watu Benteng, iNews Cilegon, Selasa (20/12/2022) mewancarai Ketua RW setempat Saimuri dan penduduk setempat, Musolin.

Untuk menuju tempat ini hanya perlu waktu tak lebih dari 10 menit menggunakan kendaraan dari Pelabuhan Merak. Lokasinya di Lingkungan Cikuasa RT 03 RW 01 Kelurahan Gerem, Kecamatan Grogol, Kota Cilegon.

Jadi Anda yang tengah dalam perjalanan menggunakan kapal dari Pulau Jawa ke Sumatera atau sebaliknya lewat Pelabuhan Merak Cilegon bisa mampir ke tempat ini. Lokasinya di ketinggian dan banyak pohon di sekitarnya, menjadikan tempat ini sejuk.

Warga sekitar membuat bangunan di tengah danau Watu Benteng menggunakan bambu. Bangunan bambu ini cukup luas dan bisa menampung 100 orang.

Pengunjung bisa menikmati kuliner lokal sambil leyeh-leyeh. Penduduk sekitar dalam waktu setahun terakhir ini sudah mengembangkan aneka kuliner seiring pemanfaatan Danau Watu Benteng sebagai tempat wisata.

Berada di bangunan di tengah danau, Anda bisa tertidur karena begitu sejuknya. Selain banyak pohon dan berada di atas air, atap bangunan bambu ini terbuat dari daun. Berada di tempat ini, Anda merasakan suasana Cilegon yang lain, suasana sejuk dan segar.

Sebagai penghubung antara pinggir danau dan bangunan di tengah, warga sekitar membuat jembatan di atas air menggunakan bambu.


Danau Watu Benteng di Cikuasa Gerem Cilegon, bisa dikembangkan untuk sentra UMKM. Foto: Mada Mahfud/iNews Cilegon

Editor : Mahfud

Follow Berita iNews Cilegon di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut