get app
inews
Aa Read Next : Mudik Gratis Pemkot Cilegon Siap Angkut 2.160 Pemudik

Galian Batu Disulap jadi Danau Indah di Cikuasa Cilegon, Wisata Watu Benteng 8 Menit dari Merak

Selasa, 20 Desember 2022 | 17:24 WIB
header img
Danau Watu Benteng di Lingkungan Cikuasa, Gerem, Cilegon menjadi alternatif wisata pegunungan di Kota Cilegon yang didominasi pantai. Foto: Mada Mahfud/iNews Cilegon

Berdinding Tebing Batu

Kelurahan Gerem, Kecamatan Grogol termasuk unik. Jarak mereka dengan pantai tak lebih dari 1 km. Mereka juga memiliki perbukitan yang menjulang tinggi.

Perbukitan ini tersusun atas bebatuan. Danau Watu Benteng sendiri berada di sisi tebing batu yang curam, tampak seperti benteng besar. Maka warga sekitar menamainya sebagai Watu Benteng.  Watu dalam bahasa lokal Cilegon adalah batu.

Dengan tinggi tebing mencapai ketinggian lebih dari 10 meter di atas permukaan air, menjadikan Danau Watu Benteng memiliki pemandangan unik. Pepohonan di atas perbukitan membuat warna danau menjadi hijau kebiruan.

Galian Batu untuk Pembangunan Proyek Raksasa Lotte Chemical

Musolin penduduk Lingkungan Cikuasa mengungkapkan kepada iNews Cilegon awal mula terbentuknya Danau Watu Benteng.

Sekitar 5 tahun lalu ada proyek pembangunan Kawasan Pabrik Kima Lotte Chemical yang terletak di pantai Gerem. Proyek tersebut membutuhkan banyak material urukan batu, pasir dan tanah.

”Materialnya berasal dari bukit di Lingkungan Cikuasa ini,” kata Musolin.

Begitu banyaknya material yang dibutuhkan, membuat bukit itu tak hanya rata dengan tanah, tetapi juga tergali cukup dalam.

”Danau ini sangat dalam. Dulu digalinya lebih dari belasan meter dari permukaan tanah di sini.Kalau dihitung dari puncak bukit lebih dalam lagi,” tambah Musolin.

Editor : Mahfud

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut