Logo Network
Network

6 Tips Menghadapi Musim Hujan agar Tetap Sehat dan Bugar

Ila Nurlaila Sari/Net Cilegon
.
Rabu, 28 Desember 2022 | 10:15 WIB
6 Tips Menghadapi Musim Hujan agar Tetap Sehat dan Bugar
6 Tips saat musim hujan agar tetap sehat dan bugar. Foto: Istimewa

CILEGON, iNewsCilegon.id - Selain karena faktor lingkungan, perubahan musim juga memaksa tubuh untuk beradaptasi. Nah, proses adaptasi ini yang bisa mempengaruhi imunitas seseorang. Ketika sistem kekebalan tubuh sedang goyah, otomatis virus dan bakteri pun mudah menyerang. 

Ada beberapa penyakit yang marak terjadi di musim penghujan. Misalnya diare, infeksi kulit, flu, tipes sampai demam berdarah. Pasalnya, virus dan bakteri tersebut memang mudah menyebar di lingkungan yang lembap saat musim hujan

Dilansir iNewsCilegon.id dari berbagai sumber, Berikut 6 tips sehat disaat musim penghujan agar tetap sehat dan bugar.

1. Rajin Cuci Tangan

Salah satu tips sederhana untuk mencegahnya dengan mencuci tangan. Penularan virus dan bakteri umumnya dimulai dari tangan yang kotor. 

Oleh sebab itu, biasakan cuci tangan setelah keluar rumah, menggunakan toilet, sebelum menyiapkan makanan, usai menyentuh permukaan kotor dan setelah kontak dengan orang sakit. 

Saat bersin dan batuk, jangan menutupinya dengan tangan yang justru memindahkan kuman. Etikanya, bersin dan batuk ke arah lengan baju.

2. Terapkan pola makan sehat

Terapkan pola makan sehat agar imun tidak kendor. Tubuh yang kekurangan nutrisi bisa membuat imun semakin lemah saat proses adaptasi di musim hujan. 

Perbanyak sayur dan buah-buahan yang kaya vitamin dan mineralnya. Kamu juga bisa mengkonsumsi makanan probiotik, seperti yogurt, tahu dan tempe. 

Probiotik adalah bakteri baik yang bisa memperlancar pencernaan sekaligus meningkatkan kekebalan tubuh.

Selain itu, kamu juga wajib makan secara teratur, setidaknya tiga kali sehari. Percuma saja jika makanan sudah bergizi tetapi tidak makan tepat waktu. Hal ini bisa memicu asam lambung dan menimbulkan masalah pencernaan. 

Follow Berita iNews Cilegon di Google News

Halaman : 1 2
Bagikan Artikel Ini