get app
inews
Aa Read Next : Dinkop Cilegon Bagikan Sertifikat MD BPOM dan Hasil Uji Umur Masa Simpan

Angka Pengangguran Kota Cilegon Menurun pada 2 Tahun Terakhir

Kamis, 12 Januari 2023 | 15:40 WIB
header img
Land Mark Kota Cilegon (Foto: Mohamad Hidayat/iNewsCilegon)

CILEGON, iNewsCilegon.id -  Angka pengangguran di Kota Cilegon mengalami penurunan cukup signifikan dalam kurun waktu dua tahun terakhir.

Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) Kota Cilegon, Tingkat Pengangguran Terbuka (TPT) pada tahun 2021 berkurang 2,5 persen dan pada tahun 2022 sebanyak 2 persen.

Penurunan angka pengangguran tersebut merupakan nilai tertinggi jika dibandingkan dengan kabupaten/kota lain di Provinsi Banten. Sebelumnya Kota Cilegon masuk peringkat ketujuh angka pengangguran terendah dan kini masuk peringkat keempat.

Wali Kota Cilegon Helldy Agustian mengatakan pihaknya akan terus berkomitmen untuk meningkatkan kualitas pelayanan publik dan derajat hidup masyarakat Kota Cilegon.

“Pengentasan angka kemiskinan dan pengangguran merupakan salah satu konsentrasi Pemkot Cilegon saat ini. Kita serius memikirkan hal ini (Kemiskinan dan pengangguran-red),” kata Helldy pada acara Pembukaan Forum Konsultasi Publik Rancangan Awal RKPD Kota Cilegon Tahun 2024 di Aula Dinas Komunikasi, Informatika, Persandian dan Statistika (Kominfo) Kota Cilegon, Kamis (12/1/2023).


Tabel Tingkat Pengangguran Terbuka Tahun 2017-2022 (Foto: Istimewa)

Menurut Helldy, persoalan ketimpangan ekonomi merupakan masalah yang harus segera diselesaikan dengan berbagai program yang inovatif.

“Kota Cilegon memiliki angka kemiskinan terendah kedua. Angka pengangguran juga terus mengalami penurunan. Saya ucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah bekerja keras,” tuturnya.

Di kesempatan yang sama, Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kota Cilegon Panca N Widodo menjelaskan penurunan angka pengangguran terjadi sejak dua tahun terakhir dengan rata-rata jumlah serapan tenaga kerja sebanyak 5.000 orang.

“Pada tahun 2021 TPT di kita (Kota Cilegon-red) turun 5.000 jiwa lebih dan pada tahun 2022 juga sekitar 5.000. Karena itulah, Kota Cilegon masuk peringkat keempat pengangguran terendah di Provinsi Banten yang sebelumnya di peringkat ketujuh,” jelasnya.

Penurunan angka pengangguran tersebut, lanjut Panca, dapat tercapai melalui berbagai program dan kegiatan diantaranya komunikasi baik Wali Kota Cilegon Helldy Agustian dengan industri, pemberdayaan ekonomi, pelatihan tenaga kerja dan program-program pendukung lainnya.

Editor : Mohamad Hidayat

Follow Berita iNews Cilegon di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut