get app
inews
Aa Read Next : Tidur Setelah Sahur bahayakan Kesehatan, Benarkah?

Alami Ini saat Bangun Tidur? Bisa Jadi Pertanda Harus Ganti Kasur!

Selasa, 17 Januari 2023 | 14:43 WIB
header img
Mengenali kasur yang mulai rusak karena melebihi usia pemakaian, sebenarnya tidaklah sulit. Foto: Ist

JAKARTA, iNewsCilegon.id - Umumnya, usia pemakaian kasur antara 8–10 tahun. Setelah itu, harus diganti dengan yang baru. Bahkan menurut National Sleep Foundation, kita harus mengganti kasur minimal lima tahun sekali agar tidak mengalami masalah tidur.

Sebagian besar masyarakat masih beranggapan kasur hanyalah sebatas alat untuk merebahkan diri beristirahat, sehingga tidak perlu yang namanya mengganti kasur.

Anggapan tersebut tentulah salah besar. Karena selain berfungsi sebagai alas merebahkan diri, kasur juga memiliki peranan penting sebagai penyangga tubuh selama proses rebahan tersebut. 

Seperti diketahui, kita menghabiskan waktu 6 - 8 jam setiap harinya untuk beristirahat di atas kasur. Itu sama saja kita menghabiskan hampir sepertiga hidup di atas kasur.

Nah, kalau usia kasur yang digunakan sudah cukup tua atau melebihi batas usia pemakaian, maka kasur akan mengalami kerusakan yang tentunya sangat berpengaruh terhadap kenyamanan tidur.

Kasur yang usianya sudah terlalu tua, akan mengalami kerusakan seperti bahannya yang mulai lapuk atau khususnya untuk spring bed, pegasnya sudah tidak lagi berfungsi dengan baik, sehingga mengubah topologi tempat tidur tersebut.

Akibatnya, kasur tidak lagi dapat menyangga tubuh orang yang tidur di atasnya dengan optimal. Faktanya, kasur yang tidak memberikan sensasi nyaman ketika digunakan untuk tidur, dapat menyebabkan nyeri pada leher, tubuh pegal-pegal, kram otot, bahkan nyeri punggung berkepanjangan alias chronic back pain.

Berikut ciri-ciri kasur yang sebenarnya sudah tidak layak pakai:

1. Terlihat usang

Ketika kasur sudah berubah dari bentuk aslinya, itu tandanya kasur tersebut sudah tak layak digunakan. Kondisi kasur yang demikian dapat kita ketahui ketika mengganti seprei. Jika kasur terlihat tidak rata atau melorot di area tertentu, sebaiknya tak perlu ragu untuk segera menggantinya dengan yang baru. Sebab, kondisi kasur yang seperti itu merupakan pertanda kasur sudah tidak lagi memberikan dukungan yang optimal ketika kita tidur di atasnya.

Editor : Novita Sari

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut