get app
inews
Aa
Read Next : Jumlah Milenial 69 Juta Suara, Jadi Sasaran Partai Politik pada Pemilu 2024

Menurut Survei Ternyata Gen Z Paling Khawatir Jika Resesi Benar-Benar Terjadi

Minggu, 29 Januari 2023 | 09:10 WIB
header img
Gen Z paling berisiko jika resesi benar-benar terjadi. Foto: MNC Media

CILEGON, iNewsCilegon.id - Respon gen Z menghadapi resesi menarik untuk dibahas. Mengingat resesi menjadi isu hangat yang cukup banyak dibicarakan di dunia saat ini.

Lewat survei yang dilakukan Jakpat, sebesar 22,1% gen Z mengaku tidak tahu mengenai isu resesi, angka tersebut merupakan angka tertinggi jika dibandingkan dengan millennial dan gen X yang mengaku dirinya tidak tahu.

Meski demikian berdasarkan segmen usia, gen Z mencetak skor tertinggi yaitu 3,19% yang dengan yakin menilai bahwa Indonesia akan mengalami resesi, sebanyak 3,92% khawatir terhadap resesi di Indonesia, dan sebanyak 3,93% khawatir terhadap resesi global.

Untuk skor terendah, Gen x menempati posisi tersebut. Sebanyak 2,94% gen X yakin akan terjadinya resesi di Indonesia, sebanyak 3,59% khawatir akan resesi di Indonesia, dan sebanyak 3,71% khawatir terdahap resesi global.

Bisa dilihat adanya pola yang cukup jelas, semakin muda usianya tampak semakin khawatir dan yang lebih tua terbukti semakin rendah tingkat kekhawatirannya.

Perbedaan respon tersebut disebabkan oleh pengalaman saat menghadapi resesi terdahulu.

"Hipotesa yang dimiliki Jakpat yaitu, bisa jadi karena gen Z lebih muda dan pertama kalinya mendengar resesi," ungkap Kepala Penelitian Jakpat, Aska  Primardi, dalam diskusi bersama Indef yang dikutip Sabtu (28/1/2023).

Survei juga memuat 67% gen Z takut akan krisis energi dan 64,2% gen Z takut terhadap sulitnya mendapat pekerjaan. Angka berikut mengungguli skor millenial dan gen X untuk dua indikator tersebut.

Biaya investasi, dana darurat, serta uang tabungan memimpin skor tertinggi yang gen Z pilih untuk proyeksi pola keuangan.

Editor : Mahfud

Follow Berita iNews Cilegon di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut