get app
inews
Aa
Read Next : Menurut Survei Ternyata Gen Z Paling Khawatir Jika Resesi Benar-Benar Terjadi

Awas! Resesi Dunia 2023, Ini 4 Cara Antisipasi Resesi Versi MNC Sekuritas

Rabu, 02 November 2022 | 13:22 WIB
header img
Resesi d. unia 2023, ini 4 cara antisipasi. Foto: MNC Media

JAKARTA, iNewsCilegon.id - Resesi dunia 2023 di depan mata, ini 4 cara antisipasi. International Monetary Fund (IMF) mengindikasi bahwa negara maju seperti Amerika Serikat, Eropa, dan China akan mengalami perlambatan ekonomi hingga resesi pada 2023. Kondisi resesi tentunya akan mempengaruhi berbagai aspek perekonomian di negara lainnya.

Meskipun perekonomian dunia tahun 2023 dinilai gelap, Anda dapat mengantisipasi dan mempersiapkan beberapa upaya untuk menekan risiko buruk bila resesi di tahun depan benar-benar terjadi.

Resesi Dunia 2023,  4 Cara Antisipasi Resesi

MNC Sekuritas merupakan unik bisnis dari PT MNC Kapital Indonesia Tbk (BCAP) melalui MotionTrade memiliki tips keuangan yang bisa Anda lakukan untuk mengantisipasi ketidakpastian ekonomi.

1. Mempersiapkan Dana Darurat 

Mempersiapkan dana darurat sejak dini membantu Anda dalam menghadapi ketidakpastian ekonomi di masa yang akan datang. Kondisi kritis ekonomi berpotensi menyebabkan Pemutusan Hubungan Kerja (PHK). Anda dapat menggunakan dana darurat sebagai dana untuk memenuhi kebutuhan hiudp seandainya terkena dampak dari PHK.

2. Jangan Panik atau Gegabah 

Berdasarkan data pertumbuhan ekonomi Badan Pusat Statistik (BPS), perekonomian Indonesia tumbuh impresif sebesar 5,44% pada triwulan 2 2022. Hal ini menandakan pemulihan ekonomi di Indonesia berlanjut dan menguat, sehingga Anda tidak perlu panik atau gegabah sehingga melakukan panic selling atas investasi jangka panjang.

3. Melunasi Hutang

Apabila Anda memiliki Hutang jangka panjang dan memiliki cash yang cukup untuk melunasi hutang, ada baiknya Anda melunasi hutang tersebut sebelum tingkat suku bunga semakin meroket. misalnya, membayar cicilan kredit rumah atau apartemen yang memiliki jenis bunga yang tidak bisa naik atau turun mengikuti tingkat suku bunga (floating).

4. Melakukan Diversifikasi Investasi 

Diversifikasi merupakan cara paling sederhana untuk meningkatkan potensi keuntungan investasi, serta meminimalisir kerugian bila terjadi krisis ekonomi. Anda dapat menarut aset ke dapat beragam instrumen investasi.

Contohnya, apabila Anda memiliki tujuan investasi jangka panjang, Anda bisa memanfaatkan pembelian saham dengan harga yang lebih murah saat bursa sedang mengalami penurunan. sebaliknya, jika ingin berinvestasi jangka pendek, Anda bisa menaruh dana di reksa dana pasar uang untuk mendapatkan imbal hasil yang lebih stabil. 

Editor : Mahfud

Follow Berita iNews Cilegon di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut