get app
inews
Aa Read Next : Mudik Gratis Pemkot Cilegon Siap Angkut 2.160 Pemudik

Wow! Pande Golok Tertua di Banten Ternyata Berada di Pandeglang, Dimanakah?

Sabtu, 04 Februari 2023 | 10:20 WIB
header img
Pande Golok tertua di Banten ada di Pandeglang Foto: Istimewa

PANDEGLANG, iNewsCilegon.id - Golok Banten merupakan hasil karya yang luar biasa di wilayah Banten, yang saat ini tengah diusulkan untuk menjadi warisan budaya dunia UNESCO. Dan tak banyak yang tahu, ternyata pande (pembuatan) golok tertua di provinsi Banten ada di Kabupaten Pandeglang.

“Ada 12 titik sebaran golok di wilayah Banten, diantaranya ada di wilayah Pandeglang. Berkenan kami ingin melihat lebih dekat potensi sebaran golok di wilayah pandeglang,” demikian dikatakan Executive Director of APCE-UNESCO C2C Prof. Dr. Ignasius Dwi Atmana Sutapa. Jumat (3/2/2023).

Ignasius menuturkan, setelah melakukan penelitian di Banten, ternyata pembuatan golok tertua di Banten ada di wilayah Kabupaten Pandeglang yakni di Kaki Gunung Pulosari.

"Berdasar sejumlah penelitian yang telaj dilakukan selama ini, ternyata Pande golok tertua di Banten itu pulosari Pandeglang," kata Ignasius.

Oleh karenanya, kata Ignasius, pihaknya akan melakukan penelusuran sejarah dan kulturnya. Karena dirinya meyakini Golok Banten ini memliki potensi untuk menjadi warisan budaya dunia dan jika persyaratan sudah lengkap maka akan disampaikan dalam forum internasional.

"Kami meminta dukungan dari Bupati Pandeglang untuk membantu proses ini. Karena Golok Banten merupakan karya khas luar biasa dari masyarakat Banten," ucapnya.

Terkait hal ini, Bupati Pandeglang Irna Narulita pun mendukung dan mengapresiasi rencana tersebut. Irna mengatakan, bahwa sudah saatnya aset budaya Banten memiliki identitas dan diakui dunia.

"Kami Pemda Pandeglang akan mendukung penuh kegiatan Tim Golok Banten di wilayah kami guna melengkapi syarat-syarat Golok Banten menjadi warisan budaya dunia," tutup Irna.

Editor : Mahfud

Follow Berita iNews Cilegon di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut