get app
inews
Aa Read Next : Kecewa Janji Palsu, Ratusan Mahasiswa Rusak dan Musnahkan Baliho Caleg

Kemendikbud Sebut Gaji Mahasiswa Lulusan Kampus Merdeka Hampir Dua Kali UMP

Selasa, 14 Februari 2023 | 05:00 WIB
header img
Kemendikbud Sebut Gaji Mahasiswa Lulusan Kampus Merdeka Hampir Dua Kali UMP. Foto: Ilustrasi pekerjaan/Freepik

CILEGON, iNewsCilegon.id - Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemdikbudristek) mengklaim program Kampus Merdeka berdampak positif bagi mahasiswa. Sebab, rata-rata gaji yang diterima bisa melebih dari Upah Minimum Provinsi (UMP).

Plt. Dirjen Pendidikan Tinggi (Dikti), Riset dan Teknologi Prof. Ir. Nizam menyatakan, ada sebanyak 178.898 mahasiswa dari seluruh Indonesia telah mendaftar program Kampus Merdeka sejak awal dibuka pada 2022 lalu. 

Mereka tersebar dalam program yang telah disiapkan oleh Kemdikbudristek, yakni IISMA, IISMA Vokasi, Kampus Mengajar, Magang dan Studi Independen Bersertifikat, Pertukaran Mahasiswa Merdeka, Program Wirausaha Merdeka, dan Praktisi Mengajar.

Sebanyak 41 persen mahasiswa dari total responden mahasiswa mencapai 7.099 mahasiswa, yang mengakui dampak positif dari program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) yang dicetuskan oleh Mendikbud Nadiem Makarim.

Hasilnya memang waktu tunggu alumni kampus merdeka mendapat pekerjaan lebih cepat setelah lulus kuliah, dibandingkan rata-rata nasional. Rata-rata nasional membutuhkan waktu empat bulan untuk mendapatkan pekerjaan, sedangkan alumni Kampus Merdeka membutuhkan waktu 0,3 hingga 2,8 bulan.

Sementara itu, gaji pertama alumni kampus merdeka setelah lulus kuliah lebih tinggi dibandingkan rata-rata nasional. Bahkan secara pendapatan upah mereka juga mendapat rata-rata upah di atas upah minimal provinsi (UMP)

Rata-rata nasional gaji pertama adalah 0,72x UMP, sedangkan lulusan Kampus Merdeka mencapai 1,43 hingga 1,88x UMP.

Editor : Mahfud

Follow Berita iNews Cilegon di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut