get app
inews
Aa Text
Read Next : Wuling Pamerkan Beragam Display Air EV di GIIAS 2023

Begini Tren Lifestyle, Kecantikan, dan F&B Menurut Mintel

Selasa, 28 Februari 2023 | 20:41 WIB
header img
Ki-ka: KinShen Chan (Senior Beauty and Personal Care Analyst, South APAC), Heng Hong Tan (Senior Food and Drink Analyst, APAC), dan Huiqi Ong (Senior Consumer Lifestyle Analyst, APAC). Foto: Novi

JAKARTA, iNewsCilegon.id - Mintel, perusahaan intelijen pasar terkemuka di dunia yang menganalisis konsumen, pasar, inovasi produk, dan lanskap persaingan, menggelar Mintel Big Conversation di The Westin Hotel, Rasuna Said, Jakarta Selatan pada Selasa, 28 Februari 2023.

Dalam kesempatan ini, para periset dari perusahaan intelijen pasar dan konsumen tersebut memaparkan analisis dan prediksi perihal minat konsumen Indonesia pada kategori lifestyle, makanan dan minuman serta kecantikan dan perawatan pribadi, dari saat ini hingga beberapa tahun mendatang. 

Paparan tersebut menunjukkan bahwa brand perlu lebih konsisten dalam mengomunikasikan nilai-nilai produknya dengan cara yang ceria dan menyenangkan, di tengah masyarakat yang semakin sadar harga (price conscious).

Kategori Makanan dan Minuman

Heng Hong Tan, Senior Food and Drink Analyst, APAC menjelaskan bahwa konsumen akan cenderung menghibur diri dengan memilih produk makanan dan minuman yang enak di masa-masa sulit, tapi sayangnya produk makanan dan minuman yang enak atau menyenangkan, kerap dipasarkan sebagai produk yang berdosa atau tidak sehat. 

"Brand bisa menggunakan cara baru dalam mempromosikan rasa enak pada produknya ke konsumen sehingga bisa dikonsumsi di rumah tanpa rasa bersalah (unguilty pleasure),” kata Heng Hong. 

“Industri makanan dan minuman juga perlu menciptakan kesan 'fun' dalam membuat inovasi karena kebanyakan konsumen saat ini, yaitu Milenial dan Gen Z tidak hanya tertarik pada rasa tapi juga menginginkan experience yang menarik untuk dapat terpikat terhadap suatu produk makanan dan minuman,” tambah Heng Hong.

Kategori Kecantikan dan Perawatan

Seperti halnya makanan dan minuman, produk kecantikan dan perawatan diri juga akan berkontribusi pada pemulihan stres pasca pandemi. 

"Kesehatan kulit adalah salah satu topik menarik yang bisa diangkat oleh brand, dimana 59% dari konsumen Indonesia mengatakan bahwa berpenampilan menarik membuat mereka merasa lebih percaya diri. Suplemen kecantikan dengan klaim fungsional juga dianggap bermanfaat, sehingga produk ini bisa diintegrasikan ke dalam rutinitas perawatan kecantikan sehari-hari konsumen Indonesia," jelas KinShen Chan, Senior Beauty and Personal Care Analyst, South APAC.

Chan menambahkan, maraknya K-Drama di Indonesia juga memengaruhi popularitas produk kecantikan dan kosmetik asal Korea.

"Salah satu keunggulan produk-produk keluaran Korea ialah bahan-bahan natural yang berkualitas serta tampilan brand yang premium," ungkap Chan.

Lifestyle Konsumen Sadar Finansial

Konsumen sadar finansial (financially-conscious) akan membatasi pengeluaran mereka dan lebih mengutamakan brand yang memiliki dan mempraktikkan nilai baik, tak terkecuali untuk kategori makanan dan minuman ataupun kecantikan dan perawatan pribadi. 

“Riset Mintel menunjukkan bahwa mengomunikasikan nilai baik dengan cara-cara yang ceria dan menyenangkan (fun) akan diterima dengan lebih baik oleh konsumen Indonesia. Dan ketika kondisi keuangan membaik, mereka akan lebih bersedia untuk membelanjakan uangnya pada brand yang telah menemani mereka melewati masa-masa sulit. Brand yang memiliki dan konsisten mengamalkan nilai baiknya akan menuai hasil yang paling besar,” terang Huiqi Ong, Senior Consumer Lifestyle Analyst, APAC.

“Trend consumer kedepannya adalah hyper fatigue. Consumer mengalami information overload dan lari ke gadget untuk entertainment namun akhirnya pemakaian gadget juga membuat lelah. Solusi yang dapat ditawarkan marketer ialah penggunaan teknologi untuk memberikan sesuatu yang intentional/purposeful, dalam bidang spiritual misalnya,” tutup Huiqi Ong.

Editor : Novita Sari

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut