get app
inews
Aa Read Next : Sebuah Rumah Beserta Mobil di Link Palas Cilegon Ludes Dilalap Api

Pelihara Burung Bisa Datangkan Hal Buruk, Benarkah? Cek Faktanya

Sabtu, 04 Maret 2023 | 10:45 WIB
header img
Pelihara burung bisa datangkan hal buruk. Foto Ilustrasi: Istimewa

CILEGON, iNewsCilegon.id - Hanya sekedar hobi hingga agar rumah tak sepi, itulah beragam alasan seseorang memelihara burung dirumah. Namun, Memelihara burung di rumah ternyata juga mengandung banyak mitos. Bahkan, berkaitan dengan hal-hal buruk. Hmmmmh benarkah?

Salah satu burung yang dianggap memiliki banyak mitos yakni burung perkutut. Di kebudayaan Jawa, burung perkutut dianggap memiliki derajat yang lebih tinggi ketimbang burung yang lain. 

Sebab, burung perkutut dipercayanya dapat mendatangkan hoki atau kekayaan. Oleh karenanya, banyak masyarakat di Jawa yang memelihara burung di rumah jenis perkutut.

Sebaliknya, ternyata juga ada mitos burung perkutut yang berkaitan dengan hal buruk. Sebagaimana diketahui, burung ini juga kerap menjadi alat pesugihan.

Dilansir iNewsCilegon.id dari berbagai sumber, ini mitos memelihara burung dirumah.

1. Mengundang Bencana

Anehnya, selainnya dinilai dapat mendatangkan hoki, nyatanya burung perkutut pun diyakini bisa datangkan kemalangan. 

Mitos burung perkutut yang berikut katanya bisa kelihatan dari tanda-tanda fisiknya seperti bulu-bulu, suara kicau, serta jam kicau yang tak pasti.

2. Jadi Hewan Pesugihan

Tipe burung yang rekat dengan beberapa hal goib ini disangkutkan jadi hewan pesugihan. Yang paling dikenal yaitu “Pesugihan Kutut Manggung”. 

Umumnya diperlukan buat memperlancar karir serta kekayaan. Tipe burung yang umum dipakai yakni burung perkutut songgo ratu.

3. Hewan yang Setia

Mitos burung perkutut yang paling akhir ini cukup positif di mana burung ini dipandang sebagai piaraan yang paling setia. Juga, walau sangkar burung dibuka katanya burung perkutut tak akan lari pada pemiliknya.

4. Datangkan Hoki

Burung perkutut diyakini jadi hewan pembawa hoki. Hoki akan didapat kalau burung perkutut bisa pas dengan pemiliknya.

5. Hewan Goib

Satu di antaranya mitos burung perkutut terpopuler yaitu jelmaan dewa. Sebab burung perkutut diceritakan sebagai hewan piaraan Prabu Brawijaya dari Kerajaan Majapahit.

Konon katanya, hewan sebagai piaraan Prabu Brawijaya sebetulnya jelmaan Pangeran Padjadjaran yang memiliki nama Joko Mangu.

Demikian ulasan terkait mitos pelihara burung bisa datangkan hal buruk. Semoga bermanfaat!

Editor : Mahfud

Follow Berita iNews Cilegon di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut