get app
inews
Aa Read Next : Wali Kota Helldy Ajak Industri Terlibat Meriahkan HUT Kota Cilegon

Helldy Ajak Warga Cilegon Aktif dalam Pencegahan dan Penanggulangan Kebakaran

Selasa, 07 Maret 2023 | 18:10 WIB
header img
Wali Kota Cilegon Helldy Agustian menjadi inspektur upacara Peringatan HUT ke-104 Damkar di halaman Kantor Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kota Cilegon, Selasa (7/3/2023) (Foto: Diskominfo Kota Cilegon)

CILEGON, iNewsCilegon.id - Wali Kota Cilegon Helldy Agustian mengingatkan warganya untuk lebih waspada akan bahaya kebakaran.

Hal itu disampaikan Helldy saat menjadi inspektur upacara Peringatan Hari Ulang Tahun Ke-104 Damkar di halaman Kantor Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kota Cilegon, Selasa (7/3/2023).

Berdasarkan data Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kota Cilegon, sepanjang tahun 2022 terdapat 80 kejadian kebakaran. Ironisnya, lebih dari 50 persen penyebabnya dikarenakan faktor kelalaian.

Selain kebakaran, selama tahun lalu juga terdapat 195 operasi penyelamatan yang berhasil ditangani oleh Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan.

"Dari 80 kejadian kebakaran, rata-rata dipengaruhi atas kelalaian manusia berjumlah 47 kejadian, kemudian hubungan arus pendek listrik 24 kejadian dan tabung gas berjumlah delapan kejadian, sedangkan untuk faktor alam hanya satu kejadian. Oleh karenanya kami minta warga lebih waspada," kata Helldy.

Helldy juga mengajak seluruh masyarakat untuk berperan aktif dalam upaya pencegahan dan penanggulangan kebakaran.

"Kepada seluruh aparatur pemadam kebakaran dan penyelamatan serta anggota relawan saya minta untuk terus belajar dan meningkatkan keterampilan serta berinovasi dalam memberikan layanan kepada masyarakat, untuk masyarakat juga diharapkan dapat membantu," tuturnya.

Pemadam kebakaran, lanjut Helldy, merupakan garda terdepan dalam memberikan perlindungan darurat kepada masyarakat.

"Pemadam kebakaran telah menunjukkan dedikasi yang luar biasa dan berkomitmen penuh dalam memberikan layanan darurat kepada masyarakat, saya sangat mengapresiasi," ucapnya.

Helldy menambahkan Kota Cilegon menjadi salah satu daerah yang telah membentuk Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan di Provinsi Banten.

"Sampai saat ini baru 120 kabupaten/kota dan satu provinsi yang telah memiliki Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan mandiri. Di Provinsi Banten hanya ada dua, yakni Kota Cilegon dan Tangerang Selatan," jelasnya.

Tak lupa, Helldy juga menyampaikan apresiasi atas kinerja yang ditunjukan Dinas Pemadam Kebakaran terhadap kejadian di Kota Cilegon. "Saya ucapkan selamat ulang tahun ke 104 untuk pemadam kebakaran dan penyelamatan tingkatkan pengabdian dengan memberikan perlindungan dan rasa aman kepada seluruh masyarakat kota Cilegon," pungkasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kota Cilegon Damanhuri mengatakan bahwa peringatan  HUT Damkar kali ini mengambil tema "Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Tangguh, Rakyat Tumbuh Indonesia Maju".

Kegiatannya dirangkaikan dengan pengukuhan kepada 265 relawan pemadam kebakaran. Pengukuhan ditandai dengan Penyerahan berita acara secara simbolis oleh Wali Kota Cilegon Helldy Agustian kepada relawan pemadam kebakaran.

"Kami berharap akan timbul kesadaran dari masyarakat tentang bahaya kebakaran. Oleh karena itu, relawan ini dibentuk sebagai pelibatan masalah ini dengan masyarakat supaya masyarakat semakin tersadarkan bahaya kebakaran," katanya.

Selain Wali Kota Cilegon, hadir pula Wakil Wali Kota Cilegon Sanuji Pentamarta, Sekretaris Daerah Kota Cilegon Maman Mauludin, Asisten Daerah I Setda Kota Cilegon Tatang Muftadi, unsur Forkopimda dan Pejabat Eselon II di lingkungan Pemerintah Kota Cilegon.

Editor : Mohamad Hidayat

Follow Berita iNews Cilegon di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut