get app
inews
Aa Read Next : Musim Hujan Tiba, Ini yang Wajib Disiapkan

Tak hanya Menjijikan, Kencing Tikus juga Bisa Rusak Hati dan Ginjal

Minggu, 12 Maret 2023 | 09:11 WIB
header img
Waspada bahaya kencing tikus, timbulkan kerusakan hati dan ginjal. Foto: Okezone

CILEGON, iNewsCilegon.id - Tikus dapat menyebabkan beberapa penyakit yang mungkin berkembang menjadi gangguan yang parah. Hal tersebut dapat terjadi ketika kamu mengalami gigitan dan cakaran yang dapat menyebabkan demam. 

Gangguan lainnya juga dapat disebabkan kutu dari badan tikus, urine, hingga kotorannya yang tercampur pada makanan.

Hal yang harus kamu lakukan adalah sebisa mungkin kamu harus menghindari daerah yang banyak terdapat tikus. Komplikasi yang berbahaya, seperti kerusakan hati dan ginjal dapat terjadi.

Dilansir iNewsCilegon.id dari berbagai sumber, Berikut beberapa penyakit yang disebabkan tikus:

1. Eosinofilik Meningitis

Kamu juga dapat mengalami eosinofilik meningitis yang disebabkan oleh tikus. Gangguan ini menyebabkan infeksi pada otak yang terjadi karena peningkatan jumlah infeksi cacing yang menembus ke dalam tubuh.

Organisme yang paling sering menyebabkan penyakit ini adalah cacing paru-paru tikus yang disebut dengan Angiostrongylus cantonensis.

2. Leptospirosis

Penyakit lainnya yang disebabkan oleh tikus adalah leptospirosis. Hal ini disebabkan oleh bakteri genus leptospira yang masuk ke tubuh melalui luka yang terbuka lalu bersentuhan dengan sumber infeksi. Gangguan ini dapat menimbulkan gejala pada pengidapnya, tetapi beberapa tidak mengalami gejala.

Beberapa gejala yang mungkin timbul ketika terserang leptospirosis adalah demam tinggi, sakit kepala parah, nyeri otot, hingga penyakit kuning.

Jika tidak diobati, pengidapnya akan mengalami kerusakan ginjal, meningitis, gagal hati, dan gangguan pernapasan. Pada kasus yang sangat jarang, kematian mungkin saja terjadi.

3. Rat-Bite Fever (RBF)

Rat-bite fever (RBF) merupakan salah satu penyakit yang disebabkan tikus. Penyakit yang disebabkan oleh bakteri Streptobacillus moniliformis ini dapat terjadi ketika kamu tergigit atau tercakar hewan tersebut.

Selain itu, kamu juga mendapatkannya melalui makanan atau air yang terkontaminasi.

4. Murine Typhus

Penyakit lainnya yang disebabkan tikus adalah murine typhus. Gangguan ini dapat ditularkan ke manusia melalui kutu yang terdapat pada badan tikus.

Tikus yang terinfeksi penyakit ini umumnya berada di lingkungan tropis yang lembap. Seseorang yang hidup di rumah yang banyak tikus dapat meningkatkan risiko terhadap gangguan ini.

5. Hantavirus Pulmonary Syndrome (HPS)

Salah satu penyakit yang disebabkan tikus adalah hantavirus pulmonary syndrome (HPS). Penyakit ini dapat menyebabkan kematian pada seseorang.

Penularannya dapat melalui urine, kotoran, atau air liur dari tikus yang terinfeksi. Seseorang juga dapat terserang penyakit ini ketika menghirup virus ini.

Maka dari itu, pencegahan hewan pengerat ini di sekitar rumah sangat penting dilakukan.

Editor : Mahfud

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut