get app
inews
Aa Read Next : Musim Hujan Tiba, Ini yang Wajib Disiapkan

Miris! Mantan Kiper Timnas Terpaksa Jual Medali demi Sambung Hidup dan Pengobatan

Kamis, 25 Mei 2023 | 13:14 WIB
header img
Sakit kepala hingga pandangan kabur, gejala Papilledema yang bikin Kurnia Meiga alami kebutaan (Foto: Ilustrasi)

CILEGON, iNewsCilegon.id - Selama ini ternyata Kurnia Meiga mengalami gangguan pada fungsi penglihatan dan didiagnosa mengalami Papilledema atau pembengkakan saraf mata.

Bahkan mantan kiper Timnas Bola Indonesia berusia 33 tahun itu sempat dikabarkan semakin miris kondisinya. Dia harus menjual atribut seperti medali dan jersey, untuk menyambung hidup serta membayar biaya pengobatan.

Secara medis, Papiledema merupakan kondisi dimana saraf optik mata pada area cakram optik (optic disc) mengalami pembengkakan akibat tekanan intrakranial. Tekanan intrakranial ini bisa terjadi baik karena proses inflamasi maupun non inflamasi.

Cakram optik merupakan area masuknya saraf optik ke dalam bagian belakang bola mata. Saraf-saraf optik tersebut terdiri atas kumpulan serat-serat saraf yang membawa informasi visual, menghubungkan antara otak dengan retina.

Biasanya, saat seseorang mengalami papilledema, cakram optik mengalami pembengkakan. Karena itu, penderita biasanya perlu segera mendapatkan penanganan medis agar tidak timbul komplikasi seperti pendarahan otak, tumor otak, kebutaan, atau stroke.

Lalu apa penyebab papilledema yang bikin Kurnia Meiga alami kebutaan? 

Kondisi ini bisa terjadi karena peningkatan tekanan intrakranial, yaitu adanya tekanan di dalam rongga kepala, di sekitar otak. Ketika tekanan intrakranial meningkat, cakram optik akan tertekan sehingga membengkak.

Cedera kepala menjadi penyebab paling umum yang memicu terjadinya peningkatan tekanan intrakranial. Misalnya benturan saat jatuh, terkena pukulan atau hantaman keras di kepala.

Editor : Mahfud

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut