Logo Network
Network

Sanuji Ajak TPPS Terus Berkomitmen Turunkan Stunting di Kota Cilegon

Mohamad Hidayat
.
Selasa, 21 Maret 2023 | 10:01 WIB
Sanuji Ajak TPPS Terus Berkomitmen Turunkan Stunting di Kota Cilegon
Wakil Wali Kota Cilegon Sanuji Pentamarta mengajak TPPS berkomitmen penuh dalam menurunkan angka stunting di Kota Cilegon (Foto: Diskominfo Kota Cilegon)

CILEGON, iNewsCilegon.id - Wakil Wali Kota Cilegon Sanuji Pentamarta mengajak Tim Percepatan Penurunan Stunting (TPPS) untuk terus berkomitmen dalam menurunkan angka stunting di Kota Cilegon.

Hal itu terungkap pada acara Fasilitasi TPPS Tahun 2023 yang digelar Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3AP2KB) di Aula Kantor Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian (Diskominfo) Kota Cilegon, Senin (20/3/2023).

“Kita harus terus berfikir agar stunting di Kota Cilegon ini menjadi 0 persen. Kota Cilegon ini sebagai kota madya yang kaya, jadi harusnya tidak adalagi stunting di kota ini. Menurunkan angka stunting ini memerlukan komitmen yang kuat dari seluruh stakeholder,” kata Wakil Wali Kota Cilegon Sanuji Pentamarta sebagaimana dirilis Diskominfo Kota Cilegon.

Dalam hal ini, Sanuji mengajak kepada TPPS untuk berkomitmen penuh dalam menurunkan angka stunting di Kota Cilegon. “Kita harus selamatkan generasi penerus kita agar dapat tumbuh dengan baik dan sehat. Berikan asupan dan gizi yang cukup serta vitamin, sehingga tidak ada lagi stunting di Kota Cilegon,” ungkapnya.

Menurut Sanuji stunting merupakan masalah gizi kronis yang dapat memperhambat pertumbuhan anak. "Stunting ini menjadi persoalan yang harus di selesaikan. Sebab, stunting ini menyangkut dengan masa depan anak. Jika anak sudah mengalami gizi buruk maka kecerdasannya akan terhambat dan tumbuh kembang otak akan terganggu, sehingga masa depannya akan sulit,” tuturnya.

Berdasarkan data SSGI 2022, tambah Sanuji, angka stunting di Kota Cilegon berada di 19,1 persen. “Angka penurunan stunting kita cukup cepat. Berdasarkan data terakhir dari SSGI berada di angka 19,1 persen. Kita harus bisa turunkan lagi sebesar 5,1 persen agar bisa mencapai target Nasional yaitu 14 persen. Kita harus bersama - sama menurunkan angka stunting ini,” tambahnya.

Sementara itu Kabid Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana pada DP3AP2KB Kota Cilegon Wawan Ikhwani mengatakan, TPPS merupakan garda terdepan dalam upaya menurunkan angka stunting di setiap daerah.

"Kegiatan ini kami selenggarakan sesuai dengan Perpres Nomor 72/2021 tentang Percepatan Penurunan Stunting, serta Peraturan Wali Kota Cilegon Nomor 78/ 2022 tentang Pencegahan dan Percepatan Penurunan Stunting di Kota Cilegon,” katanya.

Wawan berharap, TPPS Kota Cilegon dapat memahami tugas dan tanggung jawabnya dalam upaya penurunan stunting di Kota Cilegon. “Saya berharap TPPS mulai dari kota, kecamatan, hingga kelurahan dapat memaknai kegiatan ini dengan maksimal. Berikan kontribusi positif dalam menurunkan angka stunting di Kota Cilegon ini,” katanya.

Editor : Mohamad Hidayat

Follow Berita iNews Cilegon di Google News

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.