Logo Network
Network

Kejar Zero Stunting, Sanuji Buka Pembinaan Program Dapur Sehat

Mohamad Hidayat
.
Jum'at, 28 Juli 2023 | 13:25 WIB
Kejar Zero Stunting, Sanuji Buka Pembinaan Program Dapur Sehat
Wakil Wali Kota Cilegon Sanuji Pentamarta menghadiri acara Pembinaan Pengelolaan Dapur Sehat Atasi Stunting Kota Cilegon, Kamis (27/7/2023). (Foto: Diskominfo Kota Cilegon)

CILEGON, iNewsCilegon.id - Wakil Wali Kota Cilegon Sanuji Pentamarta membuka acara Pembinaan Pengelolaan Dapur Sehat Atasi Stunting (DASHAT) Kota Cilegon yang digelar Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3AP2KB) di Aula Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian (Diskominfo) Kota Cilegon, Kamis (27/7/2023).

Pembinaan DASHAT dilakukan sebagai upaya untuk menuntaskan kasus stunting hingga zero atau angka nihil stunting di Kota Cilegon.

“Penyebab stunting tidak hanya karena faktor ekonomi, melainkan faktor pola asuh keluarga pun sangat penting dan perlu diperhatikan. Mari kita dorong terus sampai Kota Cilegon kedepannya bisa zero stunting atau tidak ada stunting lagi,” kata Wakil wali Kota Cilegon Sanuji Pentamarta sebagaimana dirilis Diskominfo Kota Cilegon, Kamis 27 Juli 2023.

Dijelaskan Sanuji, bulan penimbangan harus dilakukan dengan tepat dan akurat, termasuk  pembimbingan harus dilakukan terhadap 100 persen jumlah ibu hamil.

“Pencegahan stunting juga harus diperhatikan dan dibimbing mulai dari pertama dinyatakan hamil sampai usia 2 tahun lebih, dengan diberikan gizi yang baik, asupan dan nutrisi yang terbaik. Cara memberi makanan serta cara memilih makanan. Dapat diketahui dari pemerintah pusat bahwasa Kota Cilegon memiliki jumlah stunting 19,1 persen dari jumlah balita. Artinya sebanyak 6.800 balita yang terkena stunting,” jelasnya.

Sementara itu, Plh Kepala DP3AP2KB Kota Cilegon Agus Zulkarnain berharap program DASHAT dapat membantu menurunkan angka stunting. "Selain menyebrluaskan informasi kepada masyarakat, program DASHAT ini juga diharapkan dapat menurunkan angka kasus stunting yang ada serta mencegah munculnya kembali atau kenaikan kasus stunting,” katanya.

 

Editor : Mohamad Hidayat

Follow Berita iNews Cilegon di Google News

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.