get app
inews
Aa Read Next : Tak Banyak yang Tahu, Biji Labu Ternyata Bikin Prostat Tetap Greng!

5 Dampak Bahaya Mengonsumsi Makanan dan Minuman Manis Berlebihan

Rabu, 17 Mei 2023 | 11:32 WIB
header img
Bahaya mengonsumsi makanan maupun minuman manis berlebihan. Foto: ilustrasi

4. Menyebabkan Gigi Berlubang

Bukan hal yang asing lagi jika terlalu banyak makan makanan manis menimbulkan gigi berlubang. Sebab, gula yang ditambahkan pada makanan dan minuman manis merupakan penyebab utama gigi berlubang. WebMD menjelaskan, gula sangat disukai oleh bakteri sehingga bakteri akan menghasilkan asam yang dapat merusak lapisan gigi.

Maka dari itu, penting untuk mengurangi asupan jenis makanan atau minuman yang mengandung tambahan gula berlebih. Buah-buahan segar yang dikonsumsi langsung bisa menjadi alternatif camilan sehat. Selain menyehatkan, kandungan gula alami yang ada di buah lebih jarang menyebabkan gigi berlubang

5. Meningkatkan Risiko Gout

Ketika menyebut gout, atau lebih dikenal dengan nyeri sendi akibat asam urat tinggi, penyebab yang lebih sering diketahui yaitu jeroan dan daging merah. Sementara itu, gula pada makanan manis lebih sering dikenal dengan pengaruhnya terhadap peningkatan berat badan.

Dilansir Arthritis Foundation, konsumsi makanan atau minuman yang mengandung sirop jagung tinggi fruktosa juga dapat memicu nyeri sendi akibat asam urat. Sebab, fruktosa menyebabkan penumpukan asam urat di darah yang memicu terbentuknya kristal di sendi sehingga menimbulkan nyeri di area tersebut.

Nah, Kebiasaan mengonsumsi makanan dan minuman manis dalam jumlah berlebih setiap hari dapat menimbulkan masalah kesehatan di kemudian hari. Kebiasaan tersebut meningkatkan risiko berat badan berlebih, gigi berlubang, tekanan darah tinggi, nyeri sendi akibat asam urat, hingga diabetes tipe 2. Untuk menurunkan risiko tersebut, ada baiknya mulai mengurangi asupan makanan dan minuman yang mengandung gula berlebihan.

 

Editor : Mahfud

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut