get app
inews
Aa Read Next : Rekor! Jumlah Masjid di Jepang Meningkat Drastis hingga 7 Kali Lipat

Jepang Negara dengan Mesin Penjual Otomatis Terbanyak di Dunia, Faktor Kejujuran Berpengaruh

Selasa, 23 Mei 2023 | 09:58 WIB
header img
Mesin penjual otomatis adalah salah satu solusi untuk mengurangi kebutuhan tenaga penjaga toko dan kasir. Foto: Ilustrasi gambar

CILEGON, iNewsCIlegon.id - Jepang terkenal dengan budayanya yang unik, teknologi canggih, dan kulinernya yang lezat. Namun, satu hal yang menonjol bagi semua orang adalah banyaknya mesin penjual otomatis.

Tingkat kelahiran yang rendah serta minimnya arus migrasi membuat harga tenaga kerja di sana sangat mahal. Mesin penjual otomatis adalah salah satu solusi untuk mengurangi kebutuhan tenaga penjaga toko dan kasir.

Seperti dikutip Business Insider, Jepang merupakan negara dengan jumlah mesin penjual otomatis terbanyak di dunia. Sedikitnya terdapat lima juta unit mesin penjual otomatis di negara empat musim tersebut.

Demikian pula variasi produknya, amat beragam. Mulai dari minuman, rokok, makanan ringan, buku, baju, hingga ponsel pun bisa dibeli dari mesin sakti tersebut.

Lantas, apa alasan Jepang memiliki banyak sekali mesin penjual otomatis? Yuk, simak penjelasannya dibawah ini ya! 

Sistem Manajemen dan Pengoperasiannya yang Sangat Mudah

Salah satu faktor penting yang memungkinkan penyebaran mesin penjual otomatis adalah sistem manajemen dan pengoperasiannya yang mudah. Di Jepang, memasang mesin penjual otomatis relatif mudah karena tidak memerlukan izin yang beragam. Kemudahan pemasangan ini secara historis berkontribusi pada sebagian besar mesin penjual otomatis di seluruh Jepang.

Ditambah lagi mesin penjual otomatis mudah dioperasikan, dan siapa pun bisa menjadi pemilik mesin penjual otomatis. Pemilik bisnis menganggapnya sebagai pilihan yang menarik karena praktis hanya bertanggung jawab atas listrik dan mendapatkan profit margin dari penjualan. Barrier to entry yang rendah ini salah satu penyebab banyaknya mesin penjual otomatis di Jepang.

Editor : Mahfud

Follow Berita iNews Cilegon di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut