get app
inews
Aa Read Next : Berharga Fantastis, ini 5 Fakta Daun Dolar Kratom 

5 Cara Aman Atasi Perut Kembung, dari Jahe hingga Peppermint

Senin, 29 Mei 2023 | 11:21 WIB
header img
Salah satu teh chamomile yang banyak digunakan dalam produk kesehatan, dan terbukti mampu mengurangi sakit perut hingga magh. Foto: Istimewa

CILEGON, iNewsCilegon.id - Kamu pernah mengalami perut kembung? Tentu masalah pencernaan yang satu ini membuat siapa pun tidak nyaman. Ada banyak cara untuk meredakannya, salah satunya dengan minum teh herbal. Metode ini sudah digunakan sejak dulu untuk mengatasi perut kembung.

Banyak faktor yang dapat memicu perut kembung, termasuk bakteri usus yang tidak seimbang, intoleransi makanan, penumpukan gas di usus, sembelit, mag, hingga infeksi parasit. Telah teruji dan terbukti sebagai pengobatan tradisional. Lantas apa aja jenis teh herbal yang mampu meredakan perut kembung? Yuk, simak dibawah ini ya!

1. Teh Chamomile

Chamomile masih merupakan anggota keluarga daisy dengan bunga putih kecil. Tanaman ini merupakan salah satu herbal yang banyak digunakan dalam produk kesehatan, dan terbukti mampu meredakan masalah pencernaan lainnya, seperti diare, mual, muntah, dan maag. Tanaman Chamomile juga dapat mencegah infeksi bakteri Helicobacter pylori, yang merupakan penyebab infeksi yang berhubungan dengan perut kembung. Walaupun demikian, belum ada penelitian langsung pada manusia mengenai efek teh herbal chamomile untuk mengatasi perut kembung. Namun, tidak ada salahnya untuk minum teh chamomile pada sore hari demi mendapatkan aroma yang menenangkan.

2. Teh Jahe

Telah digunakan sejak zaman dahulu kala, teh jahe banyak digunakan untuk penyakit yang berhubungan dengan pencernaan. Manfaat teh jahe sebagai obat alami perut kembung didapatkan dari senyawa yang terkandung di dalamnya, yaitu gingerol. Tak hanya mengatasi perut kembung, jahe juga bisa membantu meredakan mual. Untuk membuat air jahe, larutkan ¼ – ½ sendok teh bubuk jahe dalam segelas air panas. Diamkan selama 5 menit, lalu diminum. Jika tidak memiliki bubuk jahe, kamu juga dapat merebus beberapa iris jahe segar dan meminum air rebusannya. Tambahkan madu atau gula secukupnya untuk mengurangi rasa pedas pada air jahe.

3. Apsintus

Tanaman apsintus (Artemisia absinthium) merupakan ramuan hijau berdaun yang rasanya pahit. Apsintus kadang digunakan sebagai suplemen untuk membantu mendukung pencernaan karena rasa pahitnya ini. Ramuan dari tanaman ini juga dapat meningkatkan pelepasan cairan pencernaan sehingga dapat membantu mengurangi kembung serta mengoptimalkan pencernaan.

Penelitian telah dilakukan pada hewan dan menemukan bahwa apsintus juga dapat membunuh parasit, yang dapat menjadi penyebab kembung. Namun, apsintus tidak boleh digunakan selama kehamilan karena beberapa uji coba hewan menunjukkan bahwa tanaman ini bisa berhahaya apalagi jika digunakan dalam dosis tinggi.

Editor : Mahfud

Follow Berita iNews Cilegon di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut