get app
inews
Aa Read Next : Mudik Gratis Pemkot Cilegon Siap Angkut 2.160 Pemudik

Dinas Kesehatan Kota Cilegon Gelar Donor Darah

Jum'at, 14 Januari 2022 | 15:20 WIB
header img
Kegiatan Donor Darah [Foto: Istimewa]

CILEGON,iNews - Dinas Kesehatan Kota Cilegon menggelar donor darah di aula Dinkes Kota Cilegon, Kamis (13/1/2022). Terkumpul sebanyak 30 kantung darah.

Donor darah digelar untuk menurunkan angka kematian ibu (DORAYAKI) diikuti pegawai dan sejumlah instansi di lingkungan Dinkes Kota Cilegon.

Plt Kepala Lakesda Cilegon Rini Solihah mengatakan, kegiatan DORAYAKI ini dilakukan karena dilatarbelakangi dengan kematian ibu di Kota Cilegon yang masih tinggi.

"Data tahun 2021 ibu yang meninggal sebanyak 20 orang salah satu penyebabnya adalah karena pendarahan. Makanya kami berinovasi untuk mengadakan DORAYAKI,” kata Rini.

Donor darah untuk menurunkan angka kematian ibu ini, kata Rini, rencananya secara rutin akan dilaksanakan di sembilan Puskesmas yang ada di Kota Cilegon setiap tiga bulan sekali.

“Jadi hari ini (Kamis) Dinkes dulu mengawali kegiatan DORAYAKI selanjutnya akan dilakukan di Puskesmas yang ada di Kota Cilegon, semoga dengan adanya DORAYAKI ibu bersalin yang membutuhkan darah bisa terpenuhi," ujar Rini yang juga menjabat Pengelola Program Quickwins Pelayanan Darah Dinkes Cilegon tersebut.

Rini berharap dengan adanya DORAYAKI ini angka kematian  ibu bisa menurun akibat pendarahan dan bagi pendonor pemula semoga menjadi pendonor sukarela. “Jadi secara rutin setiap tiga bulan sekali mereka aktif mendonorkan darahnya tanpa diminta,” pungkas Rini.

Editor : Mumpuni Malika

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut