get app
inews
Aa Read Next : Berkebun di Brunei, Pemuda asal Banten ini Raup Rezeki hingga Belasan Juta Per Bulan

Wajib Dicoba! Inilah 5 Makanan Khas Lampung Menjadi Kekayaan Kuliner di Sumatera

Sabtu, 29 Juli 2023 | 08:47 WIB
header img
Salah satu makanan khas Lampung yang wajib Anda coba adalah Tempoyak. Foto: Istimewa

CILEGON, iNewsCilegon.id - Makanan khas Lampung memiliki keunikan tersendiri yang tidak ditemukan di daerah lain. Beberapa makanan khas Lampung merupakan perpaduan antara masakan Malaysia dan masakan dari daerah sekitarnya, seperti Palembang. Bahkan, makanan khas Lampung menjadi kekayaan kuliner di Sumatera.

Tak heran, Lampung cukup sering dijadikan para turis menjadi destinasi wisata mereka saat liburan. Dikenal dengan wilayah yang dekat dengan laut, banyak pilihan kuliner khas Lampung menarik yang patut untuk dicoba. Kira-kira apa saja makanan khas lampung? Simak berikut ini yaa!

1. Keripik Pisang

Camilan khas Lampung ini selalu menjadi pilihan karena rasanya yang enak dan renyah. Variasi rasanya juga sangat beragam, mulai dari coklat, keju, stroberi, susu dan masih banyak lagi. Keripik Pisang sering dijadikan oleh-oleh khas Lampung untuk kerabat saat berlibur ke provinsi ini.

2. Tempoyak

Salah satu makanan khas Lampung yang wajib Anda coba adalah Tempoyak, masakan yang terbuat dari durian yang difermentasi. Tempoyak memiliki cita rasa asam dengan rasa durian yang masih melekat. Biasanya masakan khas Lampung yang juga populer di daerah Sumatera Selatan ini dimakan dengan nasi dan jarang dimakan secara langsung. Bahkan di Lampung, tempoyak menjadi bahan dalam hidangan seruit, pindang patin, dan makanan khas Lampung lainnya.

3. Seruit

Seruit adalah makanan khas Lampung berupa ikan goreng atau bakar dengan bumbu tradisional. Makanan khas dari Lampung Barat ini terbuat dari ikan bakar yang dicampur dengan sambal terasi, tempoyak, dan ada pula yang menambahkan mangga. Ikan yang dipakai untuk membuat seruit beragam, mulai dari ikan belida, ikan lais, ikan baung, atau jenis ikan dari sungai besar lainnya. Seruit nikmat disantap dengan tambahan lalapan ditemani dengan nasi putih hangat.

4. Pindang Patin

Pindang Patin Lampung merupakan hidangan kuah asam yang segar dari Lampung. Ikan yang digunakan biasanya ikan air tawar seperti patin, gabus, baung, dan bawal. Ikan diolah bersama bumbu rempah seperti cabai merah, serai, lengkuas, daun salam, daun jeruk, bawang merah, bawang putih, kunyit, dan tomat. Pindang patin biasanya disajikan bersama sambal tempoyak yang akan menghasilkan cita rasa unik.

5. Sambal Asam Kembang

Makanan khas Lampung satu ini cocok untuk kamu pecinta sambal adalah sambal asam kembang. Sambal ini menggunakan mangga muda atau disebut juga buah kemang. Karena, buah ini memberi cita rasa asam yang segar. Cita rasa gurih, bercampur pedas dan asam membuat makanan khas Lampung ini mampu menyempurnakan berbagai hidangan lainnya.

Editor : Mahfud

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut