get app
inews
Aa Read Next : Mudik Gratis Pemkot Cilegon Siap Angkut 2.160 Pemudik

Misteri Pantai Karang Bolong: Dipercaya jadi Pintu Gerbang Menuju Alam Gaib

Sabtu, 16 September 2023 | 10:40 WIB
header img
Misteri pantai karang bolong, pintu menuju alam gaib. Foto: Istimewa

SERANG, iNewsCilegon.id - Terletak di tepi pantai selatan, pantai Karang Bolong dipercaya sebagai tempat yang sangat istimewa, di mana konon katanya manusia dapat berhubungan dengan sang pencipta sekaligus dunia mistis. Nama pantai ini, diambil dari sebuah formasi alam yang unik yakni karang yang bolong besar yang menjadi ciri khasnya. 

Karang Bolong merupakan karang besar yang berlubang di tengahnya, menurut perkiraan para ahli, diperkirakan akibat letusan gunung Krakatau pada tahun 1883.

Pantai Karang Bolong berbentuk lengkung yang sangat lebar dan menghadap langsung ke laut lepas.

Pada awalnya, pantai yang berada di ruas jalan utama Anyer-Carita ini dikenal dengan nama Pantai Karang Suraga. Nama ini diambil dari Suryadilaga, nama orang sakti mandraguna pada zaman dahulu yang bertapa di tempat ini hingga akhir hayatnya. 

Meski, Suryadilaga telah lama meninggal, masyarakat sekitar pantai ini meyakini bahwa ia masih hidup dan bermukim di pantai tersebut. Kini, pantai ini dikenal merupakan salah satu tempat yang penuh misteri dalam sejarah Kesultanan Banten.

Dalam pandangan masyarakat setempat, karang ini dianggap sebagai pintu utama 
memasuki alam ghaib. 

Dalam beberapa cerita, dikatakan bahwa karang bolong adalah jalur komunikasi langsung dengan Tuhan, tempat di mana doa-doa dan permohonan spiritual dapat disampaikan dengan lebih dekat.

Mitos dan Kepercayaan

Dalam beberapa versi mitos, dikisahkan bahwa orang-orang yang memasuki karang bolong ini akan merasakan perjalanan spiritual yang mendalam.

Beberapa bahkan mengklaim telah mendengar pesan atau wahyu dari alam gaib saat berada di dekat karang tersebut.

Warisan Budaya Kesultanan Banten

Dalam sejarah Kesultanan Banten, pantai ini dipandang sebagai pintu gerbang ke alam gaib dan menjadi tempat untuk berhubungan dengan Tuhan.

Pantai Karang Bolong bukan hanya tempat bersejarah yang penuh misteri, tetapi juga menjadi salah satu contoh keindahan alam Indonesia yang menakjubkan.

Selain itu, keberadaan Pantai Karang Bolong juga mencerminkan warisan budaya Kesultanan Banten yang kaya.

Editor : Mahfud

Follow Berita iNews Cilegon di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut