get app
inews
Aa Read Next : Cilegon Sabet Juara Pertama Lomba Qosidah Nasional 2023

11 Tari di Cilegon yang Masih Lestari, dari Tari Tradisional hingga Tari Kreasi

Kamis, 12 Oktober 2023 | 10:18 WIB
header img
11 tari di Cilegon yang masih lestari, salah satunya Tari Bandrong ing Cilegon. Foto: Ist

CILEGON, iNewsCilegon.id -  11 tari di Cilegon yang masih lestari. Tari-tarian merupakan salah satu kekayaan budaya Cilegon.

Tari di Cilegon memiliki berbagai macam jenis, mulai dari tari tradisional hingga tari kreasi

11 Tari di Cilegon yang masih lestari

1.    Tari topeng. 

Tari topeng merupakan salah satu kesenian tradisional Cilegon yang paling terkenal. Tari ini biasanya ditampilkan pada acara-acara adat, seperti pernikahan dan khitanan. Tari topeng Cilegon memiliki berbagai macam cerita dan tokoh, antara lain:

2.    Tari topeng Kelana

3.    Tari topeng Tumenggung

4.    Tari topeng Panji

5.    Tari jaipong
Tari jaipong merupakan kesenian tradisional Sunda yang juga populer di Cilegon. Tari ini biasanya ditampilkan pada acara-acara hiburan.

6.    Tari Bendrong Lesung
Tari Bendrong Lesung merupakan tarian yang menggambarkan kegiatan menumbuk padi menggunakan lesung. Tari ini biasanya ditampilkan pada acara-acara panen padi.

7.    Tari Grebeg Terbang Gede. Tari Grebeg Terbang Gede merupakan tarian yang menggambarkan kegiatan menyembah Sang Pencipta. Tari ini biasanya ditampilkan pada acara-acara keagamaan.

8.    Tari Katuran. Tari Katuran merupakan tarian yang menggambarkan kehidupan masyarakat Banten pada masa lalu. Tari ini biasanya ditampilkan pada acara-acara budaya.

9.    Tari Bandrong Ing Cilegon. Tari Bandrong Ing Cilegon merupakan tarian selamat datang khas Kota Cilegon. Tari tersebut tercipta dengan mengembangkan gerak, iringan, tata rias, dan kostum dari Pencak Silat

10.    Tari Banten Jawara. Tari Banten Jawara merupakan tarian yang menggambarkan kegagahan dan semangat masyarakat Banten. Tari ini biasanya ditampilkan pada acara-acara olahraga dan seni.

11.    Tari Walijamaliha. Tari Walijamaliha merupakan tarian yang menggambarkan keindahan dan keanggunan perempuan Banten. Tari ini biasanya ditampilkan pada acara-acara budaya.

Demikian 11 tari di Cilegon yang masih lestari dan bisa disaksikan hingga saat ini.
 

Editor : Mahfud

Follow Berita iNews Cilegon di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut