get app
inews
Aa Read Next : Rentenir Berkedok Koperasi dengan Bunga 30-40 Persen, Ini Tindakan Tegas Pemkot Cilegon

Berharga Fantastis, ini 5 Fakta Daun Dolar Kratom 

Selasa, 24 Oktober 2023 | 10:32 WIB
header img
Berharga fantastis, ini 6 fakta daun dolar kratom (Foto Ilustrasi: Istimewa)

2. Berharga Fantastis

Di Amerika kratom ini satu ons dan dua ons saja untuk jadi teh herbal harganya 200-400 USD per 2019. Sementara saat ini, harga kratom bubuk di tingkat petani hanya di kisaran Rp30 ribu - Rp40 ribu per kilogram.

Sebelumnya pada 2020, harga di kisaran Rp60 ribuan per kilogram. Bahkan sebelumnya lagi atau di awal komoditas kratom dikenal pernah di angka Rp90 ribu per kilogram.

3. NPS (New Psychoactive Substances)

Pada tahun 2013, UNODC, lembaga PBB yang menangani permasalahan narkoba, telah memasukan kratom ke dalam NPS kategori Plant-based Substances. NPS adalah jenis zat psikoaktif baru yang ditemukan namun regulasinya belum jelas atau masih dalam proses. Dengan masuknya kratom ke dalam salah satu jenis NPS, maka penanganan penyalahgunaan kratom perlu menjadi perhatian.

BNN RI juga telah menetapkan kratom sebagai NPS di Indonesia dan merekomendasikan kratom untuk dimasukkan ke dalam narkotika golongan I dalam Undang-undang Nomor 35 Tahun 2009 tentang Narkotika. Penggolongan ini didasarkan pada efek kratom yang berpotensi menimbulkan ketergantungan dan sangat berbahaya bagi kesehatan. BNN sendiri mengemukakan bahwa efek kratom 13 kali lebih berbahaya dari morfin.

Editor : Mahfud

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut